Ditempa di Belanda, Hijrah ke Italia

Jay Idzes Calon Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia

Jay Idzes

 

Bola.com--(KIBLATRIAU.COM)-- Nama Jay Idzes dalam beberapa hari terakhir marak diperbincangkan. Ini terjadi setelah PSSI berencana untuk menaturalisasinya agar bisa membela Timnas Indonesia pada masa depan.Ketua PSSI, Erick Thohir dan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Dito Ariotedjo, tengah berjuang untuk mempercepat naturalisasi Jay Idzes. Erick Thohir menyebut, saat ini proses naturalisasinya sedang dalam tahap pembahasan di DPR."Ini saya dan Menpora sedang bekerja keras," ujar Erick Thohir."Sedang diproses DPR. Setelah masa sidang, kami kebut lagi," tambah Menpora Dito Ariotedjo.


Jay Idzes lahir di Mierlo, Belanda, pada 2 Juni 2000. Jay Idzes diketahui memiliki darah Indonesia dari Kakek dan Neneknya yang berasal dari Jakarta.Alasan itulah yang membuat Jay Idzes boleh dinaturalisasi untuk kebutuhan Timnas Indonesia. Apalagi Jay Idzes merupakan pemain yang berperan sebagai bek tengah.Memiliki postur 191 cm membuat kehadiran Jay Idzes bakal menjadi tembok kukuh Timnas Indonesia. Menarik untuk menantikan kehadiran Jay Idzes di jantung pertahanan skuad Merah Putih.

Jay Idzes mengawali kariernya di Belanda dengan memperkuat sejumlah akademi. Jay Idzes diketahui pernah menimba ilmu di akademi Mifano, PSV Eindhoven, VVV-Venio, hingga FC Eindhoven.Pada 2018, Jay Idzes berkesempatan menembus skuad senior FC Eindhoven. Selama dua tahun, Jay Idzes berhasil membukukan 54 penampilan.Karier Jay Idzes semakin meningkat setelah bergabung Go Ahead Eagles pada 2020. Selama tiga tahun, Jay Idzes sukses mempersembahkan 84 penampilan dan mencetak dua gol.

Pada awal musim 2023, Jay Idzes mencoba peruntungan dengan hijrah ke Italia. Jay Idzes resmi memperkuat klub Serie B, Venezia.Sejauh ini, Jay Idzes sudah mengemas 10 pertandingan bersama Venezia. Kehadiran menambah ketangguhan lini belakang dari klub berjulukan I Leoni alati itu.Jay Idzes punya kontrak jangka panjang sampai 2027 bersama Venezia. Bukan hal yang mustahil bagi pemain 23 tahun itu untuk membantu Venezia promosi ke Serie A pada masa depan.

Kehadiran Jay Idzes ke skuad Timnas Indonesia tentu akan menambah banyak opsi bagi pelatih di posisi bek tengah. Terutama untuk bek-bek yang memiliki postur tinggi besar.Sebelumnya ada Elkan Baggott yang sudah lama menjadi andalan di lini belakang Skuad Garuda. Baggott diketahui memiliki tinggi 194 cm.Bek-bek tengah lain yang dimiliki Timnas Indonesia juga tak kalah tinggi. Misalnya Fachruddin Aryanto (184 cm), Jordi Amat (185 cm) dan Rizky Ridho (183 cm).

PSSI saat ini sedang berusaha untuk segera merampungkan proses naturalisasi Jay Idzes. Sang pemain diharapkan bisa membela Timnas Indonesia pada Piala Asia 2023.PSSI kini berburu dengan waktu. Pasalnya, Piala Asia 2023 akan digelar pada Januari 2024.Artinya, proses naturalisasi Jay Idzes paling lambat harus rampung pada November 2023. Menarik untuk menantikan kelanjutan nasib dari Jay Idzes.(Net/Hen)

 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar