Jadi Kunci Sukses di Piala Dunia U-17 2023

Kuartet Timnas Indonesia U-17 Punya Pengalaman

Kolase - Uji Coba Timnas Indonesia U-17 selama TC di Jerman

Bola.com--(KIBLATRIAU.COM)-- Tepat satu pekan lagi Timnas Indonesia U-17 melakoni pertandingan bersejarah yakni di ajang Piala Dunia U-17 2023. Skuad Garuda Muda akan bersua Ekuador di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (10/11/2023) malam WIB.PSSI baru saja mengumumkan skuad Timnas Indonesia U-17 untuk Piala Dunia U-17 2023, Rabu (1/11/2023). Sebanyak 21 pemain telah dirilis untuk menjadi andalan bagi skuad asuhan Bima Sakti.Dua dari 21 nama di Timnas Indonesia U-17 untuk Piala Dunia U-17 2023 adalah Welber Jardim yang bermain di Sao Paulo U-17 Brasil dan Amar Rayhan Brkic di TSG Hoffenheim U-17 Jerman.

Sementara, pemain-pemain Timnas Indonesia U-17 lainnya buat Piala Dunia U-17 2023 ialah Muhammad Iqbal Gwijangge, Arkhan Kaka, Ji Da Bin, hingga Sulthan Zaky.Selain Ekuador, Timnas Indonesia U-17 juga akan bersaing dengan Panam dan Maroko di babak penyisihan Grup A Piala Dunia U-17 2023. Pasukan Bima Sakti juga baru saja digembleng dalam pemusatan latihan di Jerman.Kira-kira siapa saja pemain-pemain kunci Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023.

Lini belakang Timnas Indonesia U-17 bisa lebih kuat dengan adanya sosok Jardim. Pemain diaspora yang akan memperkuat tim Merah-Putih di ajang Piala Dunia U-17 2023Welber Jardim lahir di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, pada 25 April 2007, ketika ayahnya, Elisangelo Jardim de Jesus masih bermain di Liga Indonesia.Sementara itu, ibu Welber Jardim, Lielyana Halim, asli Banjarmasin. Bersama keluarganya, pemuda berusia 16 tahun tersebut pindah ke Brasil sejak masa kanak-kanak.Welber Jardim pernah bertanding dalam sejumlah turnamen usia dini bersama Sao Paulo level umur seperti Gothia Cup 2019 di Swedia, Dana Cup 2019 di Denmark, dan Adidas Madewis Cup 2019 di Prancis.

Terbaru, Welber Jardim disebut sukses membawa Sao Paulo U-17 menjuarai Copa Criciuma U-17 setelah mengalahkan wakil Argentina, Talleres Junior, pada awal Juli 2023.Kemampuan paling menonjol dari Jardim adalah kepiawaiannya menjaga area pertahanan dan dibekali skill gocek bola yang baik. Ia sering melewati pemain lawan dengan teknik tingginya.

Iqbal Gwijangge, yang juga pernah menjadi kapten Timnas Indonesia U-16, adalah salah satu bakat muda yang menjanjikan dari Tanah Air.Iqbal lahir di Sumedang, Jawa Barat, dan telah menunjukkan bakatnya sejak usia dini. Prestasinya yang luar biasa membawanya ke level internasional. Ia didapuk sebagai kapten Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia u-17 nanti.Selain bermain untuk Timnas Indonesia, Iqbal juga mendapatkan kesempatan berharga untuk mengembangkan kemampuannya di luar negeri. Ia mendapatkan beasiswa untuk berlatih di Hungaria bersama Puskas Akademia FC.Kemampuan Iqbal yang luar biasa adalah kemampuannya dalam membaca permainan dengan cerdas. Ia dikenal sebagai pemain yang memiliki pemahaman taktis yang tinggi dan mampu mengambil keputusan yang tepat dalam situasi krusial.Kemampuan ini menjadikannya salah satu elemen kunci di balik sukses Timnas Indonesia U-16 dalam meraih gelar juara Piala AFF U-16 2022.

Timnas Indonesia U-17 mendapat tambahan amunisi untuk bersaing di Piala Dunia U-17 2023. Sosok tersebut adalah Amar Rayhan Brkic, pemain diaspora asal Jerman yang saat ini membela Hoffenheim U-17.Amar Rayhan Brkic bergabung dengan Timnas Indonesia U-17 saat mengikuti pemusatan latihan di Jerman. Amar bermain di lini serang bisa sebagai gelandang sayap maupun penyerang.Kemampuan sang pemain juga sudah terbukti saat membela Timnas Indonesia U-17 pada laga uji coba di Jerman. Dalam laga melawan SV Hemsen (17/10/2023), Amar turut menyumbang satu gol.Kehadiran Amar Brkic jadi tambahan yang bagus buat Timnas Indonesia U-17. Amar yang biasanya bermain sebagai sayap kanan membuatnya punya peran penting pada area serangan.Pengalaman Amar yang berkarier di Jerman juga sangat penting. Dia tak akan gentar berduel dengan pemain-pemain luar negeri di Piala Dunia U-17 2023.

Daftar terakhir dalam daftar ini adalah Arkhan Kaka. Penyerang asal Persis Solo itu bisa dibilang sebagai talenta paling berbakat di Timnas Indonesia U-17 saat ini.Di usianya yang masih 15 tahun, Arkhan Kaka telah bermain dua kali dengan Persis di BRI Liga 1 2023/2024. Penyerang kelahiran 2 September 2007 itu juga tidak tergantikan di Timnas Indonesia U-17 atau bahkan sejak masih di level U-16.

Memilih Arkhan Kaka sebagai striker andalan Timnas Indonesia U-17 tidaklah salah. Bahkan ia mendapat mengakuan dari FIFA, Arkhan Kaka disebut sebagai seorang striker yang memiliki naluri tajam dan kemampuan penyelesaian akhir yang luar biasa.Kehebatan ini terbukti ketika ia mencetak tujuh gol selama babak kualifikasi Piala Asia U-17 tahun 2023. Sementara itu, Arkhan Kaka menjadi satu-satunya pemain Timnas Indonesia U-17 yang sudah mencicipi persaingan di kompetisi BRI Liga 1 musim ini dengan dua penampilan.(Net/Hen)
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar