Jokowi Bertemu Raja Yordania

Dorong Terobosan Politik untuk Palestina

Jokowi bertemu Raja Yordania Abdullah II bin Al-Husein

JAKARTA--(KIBLATRIAU.COM)-- Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Raja Yordania, Abdullah II bin Al-Husein, di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI). Jokowi menyatakan dukungan kepada Raja Yordania dalam upaya mewujudkan perdamaian di Palestina.Jokowi mengatakan segala upaya harus dilakukan untuk menyelesaikan konflik Israel di Gaza. Dia pun mendorong Raja Yordania melakukan terobosan politik terkait masalah di Palestina.

"Mendukung upaya King Abdullah mendorong perlunya terobosan politik bagi dimulainya proses perdamaian menuju kemerdekaan Palestina," kata Jokowi di King Abdulaziz International Convention Center (KAICC), Riyadh, Arab Saudi, dalam keterangan yang dibagikan Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Ahad (12/11/2023).Dalam pertemuannya itu Jokowi menegaskan posisi Indonesia dan Yordania yang sama soal masalah Palestina. Kedua negara akan tetap konsisten mendukung kemerdekaan Palestina.

Menurut Jokowi, Yordania merupakan custodian situs suci agama Islam dan Kristen di Yerusalem. Indonesia merupakan salah satu co-sponsor Resolusi Majelis Umum PBB yang disahkan 27 Oktober lalu di New York.Kepada Raja Yordania, Jokowi juga menekankan pentingnya OKI bersatu jadi bagian dari solusi dan menghasilkan langkah konkret agar situasi di Gaza membaik. Indonesia mendesak agar gencatan senjata di Gaza segera dilakukan.Di KTT OKI, Jokowi juga bertemu dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas. Jokowi menyatakan rasa prihatinnya atas apa yang menimpa masyarakat Palestina saat ini."Kepada Presiden Mahmoud Abbas saya menyampaikan keprihatinan yang mendalam atas peristiwa yang terjadi di Palestina," tutur Jokowi.(Net/Hen)
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar