Bertemu di Sela-sela KTT OKI

Presiden Palestina Titipkan Pesan ke Biden Lewat Jokowi

Presiden Jokowi saat bertemu Presiden Palestina Mahmoud Abbas

JAKARTA--(KIBLATRIAU.COM)-- Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat bertemu dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas di sela-sela KTT Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI). Abbas meminta Jokowi menyampaikan pesan kepada  Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden.Diketahui, Jokowi langsung bertolak ke AS setelah menghadiri KTT OKI dan akan bertemu dengan Biden. Jokowi dan rombongan lepas landas dari Bandara Internasional King Khalid sekitar pukul 09.40 waktu  
setempat."Di sela-sela pertemuan, Bapak Presiden melakukan pertemuan dengan Presiden Abbas untuk kembali menyampaikan dukungan Indonesia bagi perjuangan Palestina. Presiden Abbas sangat menghargai konsistensi Indonesia dalam memberikan  dukungan kepada perjuangan Palestina," kata Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dalam keterangannya, Ahad (12/11/2023).

"Presiden Abbas juga meminta Presiden Jokowi untuk menyampaikan pesan kepada AS pada saat pertemuan dengan Presiden Biden di Washington DC pada tanggal 13 November nanti," sambungnya.Lalu, Retno menyebutkan Jokowi juga bertemu  dengan Raja Yordania Abdullah II bin Al-Hussein. Keduanya sepakat meminta agar gencatan senjata Israel dihentikan."Bapak Presiden juga melakukan pertemuan dengan Raja Yordania Yordania dan Indonesia memiliki posisi sama terhadap isu Palestina,  
termasuk dalam menyikapi katastrofi kemanusiaan yang terjadi di Gaza Presiden RI dan Raja Yordan kembali menegaskan tiga hal penting: gencatan senjata, bantuan kemanusiaan, dan pentingnya memulai kembali proses perdamaian menuju two-state  solution," ujarnya.Kemudian, Jokowi juga bertemu dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di sela-sela KTT OKI. Keduanya sepakat akan menyelesaikan perundingan Indonesia-Turki Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA).

"Presiden berkesempatan untuk bertemu dengan Presiden Turki. Kedua Presiden sepakat bahwa Indonesia dan Turki akan terus bekerja sama untuk isu Gaza dan masa depan Palestina. Kedua Presiden juga sepakat agar Indonesia dan Turki dapat segera  menyelesaikan perundingan Indonesia-Turki Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA) sebelum akhir 2024," ujarnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak menuju Amerika Serikat (AS) setelah menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di Riyadh, Arab Saudi. Jokowi akan bertemu dengan Presiden AS Joe Biden.Dalam keterangan tertulis Biro Setpres, Presiden Jokowi bertolak ke AS pada Ahad (12/11). Presiden dan rombongan lepas landas dari Bandara Internasional King Khalid sekitar pukul 09.40 waktu setempat.

Tampak melepas keberangkatan Presiden Jokowi di bandara yakni Wakil Gubernur Riyadh Amir Mohammad bin Abdurrahman, Duta Besar RI untuk Kerajaan Arab Saudi Abdul Aziz Ahmad, Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Faisal bin Abdullah  Al-Amudi, serta Atase Pertahanan KBRI Riyadh Brigjen TNI Putut Witjaksono.(Net/Hen)
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar