Sampaikan Suara 57 Negara

Misi Khusus Presiden Bawa Pesan Palestina ke Biden

Jokowi bertolak ke Amerika Serikat usai hadiri KTT di Riyadh

JAKARTA--(KIBLATRIAU.COM)-- Presiden Joko Widodo (Jokowi) kini sudah tiba di Amerika Serikat. Rencananya, Jokowi akan bertemu dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden.Jokowi membawa misi khusus. Misi tersebut yakni akan menyampaikan suara 57 negara terkait Palestina ke Joe Biden."Alhamdulillah KTT OKI menghasilkan resolusi yang berisi pesan yang sangat kuat untuk dunia, dan pesan ini lah yang akan saya sampaikan kepada Presiden Biden esok hari (hari ini)," kata Jokowi, dalam tayangan video di YouTube Setpres, Senin (13/11/2023).Jokowi mengungkap hasil dari KTT OKI tersebut merupakan suara dari 1/3 negara di dunia atau sebanyak 57 negara. Jokowi mengatakan akan menyampaikan pesan Presiden Palestina ke Biden terkait situasi di Palestina."Selain itu saya juga akan menyampaikan pesan dari Presiden Palestina Mahmoud Abbas yang meminta saya secara khusus untuk menyampaikannya kepada Presiden Biden," katanya.

KTT OKI
Sebelumnya, pertemuan Jokowi dengan Mahmoud Abbas berlangsung di Riyadh, Arab Saudi, saat gelaran Konferensi Tingkat Tinggi Organisasi Kerja Sama Islam (KTT OKI). Pada momen itulah, Abbas menitipkan pesan untuk Biden ke Jokowi. Belum diketahui, apa pesan Abbas ke Biden.Dilansir dari laman resmi Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI kemlu.go.id, Ahad (12/11/2023), KTT membuahkan 31 keputusan dengan pesan yang kuat dan sangat keras. Resolusi ini dinilai menunjukan kesatuan posisi negara-negara yang tergabung dalam OKI terhadap situasi di Gaza yang memperihatinkan.

Beberapa keputusan di antaranya mengecam agresi Israel di Gaza. Selain itu, Sekretariat OKI dan Liga Arab akan diberikan mandat untuk mendokumentasi semua kejahatan yang dilakukan Israel ke rakyat Palestina.Kemudian, negara-negara OKI juga mengecam pemindahan paksa oleh Israel terhadap warga Gaza Utara ke Gaza Selatan. Perusakan-perusakan fasilitas rumah sakit di Gaza oleh Israel juga turut dikecam.KTT OKI juga menyepakati agar ada forum yang akan digunakan untuk menuntut pertanggungjawaban Israel atas perbuatan kekejaman di Gaza. (Net/Hen)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar