Publikasi dan Pemberitaan pada Tahapan Kampanye 20

Buka Rapat Koordinasi Sinergitas Bawaslu Riau dan Media, Begini Penjelasan Alnofrizal

BADAN Pengawas Pemilu (Bawaslu) Riau menggelar Rapat Koordinasi dengan tema Sinergitas Bawaslu Riau dan Media dalam Publikasi dan Pemberitaan pada Tahapan Kampanye 2024, Selasa (14/11/2023). A

Laporan : Hendri Zainuddin
Pekanbaru

      

       BADAN Pengawas Pemilu (Bawaslu) Riau menggelar Rapat Koordinasi dengan tema Sinergitas Bawaslu Riau dan Media dalam Publikasi dan Pemberitaan pada Tahapan Kampanye 2024, Selasa (14/11/2023). Acara itu berlangsung di ruangan The Premiere Hotel Jalan,  Sudirman Pekanbaru

Pantaun  wartawan di lapangan, sebelum acara dimulai pertama-tama pihak panitia pertama dibuka  dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta Mars Bawaslu RI .

Ketua Bawaslu Riau, Alnofrizal SE, M.IKom dalam sambutannya yang juga membuka rapat koordinasi tersebut menyampaikan, bahwa peran media  dalam pelaksanaan pengawasan tahapan Pemilu 2024 sangat penting, karena tanpa media, maka apapun kegiatan yang dilakukan tidak akan diketahui oleh masyarakat.

"Makanya, kegiatan sinergitas yang kita lakukan antara Bawaslu  dengan media sangatlah penting. Semoga dengan terlaksanannya kegiatan ini, rekan-rekan media dapat memberikan informasi yang akurat dan terpercaya kepada masyarakat Riau khususnya, tentang peraturan penyelenggaraan Pemilu 2024 mendatang,"   sebut Alnofrizal.

Ditambahkan Alnofrizal, pada kesempatan ini ia juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi  sebesar-besarnya kepada para rekan'-rekan jurnalis yang telah bersedia hadir dalam kegiatan ini .

"Kita harapakan untuk kedepannya sinergitas antara Bawaslu Riau dan rekan-rekan jurnalis semakin terjalin dengan baik. Terutama sama-sama dalam melakukan pengawasan  pelaksanaan pemilu 2024 mendatang, sehingga berjalan dengan aman dan kondusifm" harap Alnof.

Sambung Alnof, ada tiga faktor yang penting untuk melakukan pencegahan terjadinya pelangaran pemilu dan sengketa pemilu antara lain  dengan melakukan pengawasan, partisipasi masyarakat dan adanya publikasi media.

"Untuk keberhasilan Pemilu agar lancar, aman dan kondusif tidak bisa lepas dari peran penting media. Karena pers merupakan pilar ke-4 Demokrasi selain dari lembaga eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Oleh sebab itu, kita mengajak kepada rekan-rekan media supaya bersama-sama melakukan kordinasi terkait pelaksanaan pemilu 2024 mendatang, " tutur Alnofrizal.

Sementara itu, Tenaga Ahli (TA) Bawaslu RI, Ronal yang tampil sebagai narasumber, dalam materinya memaparkan bahwa, Bawaslu ini merupakan benteng terakhir demokrasi yang sangat membutuhkan kerjasama dan dukungan dari media. "Sinergitas dengan media sangat penting, makanya media juga harus senapas dengan Bawaslu," sehingga bisa berkordinasi dalam melakukan pengawasan pemilu," ujar Ronal.

Ronal juga berharap kepada Bawaslu Riau untuk tetap menggandeng media dalam melaksanakan pengawasan pelaksanaan pemilu 2024 mendatang, demi terciptanya pemilu yang damai dan harmonis.

Dalam closing statementnya, Tim Ahli Bawaslu RI, Ronal Michael Manoach mengajak seluruh anggota Bawaslu untuk bergandengan tangan dengan media. ‘Mari kita jaga pelaksanaan pemilu, 2024 agar menghasilkan pemimpin- pemimpin yang berkualitas. Oleh sebab itu, teruskah menjalin kordinasi yang baik, seperti acara yang digelar ini. Semoga dengan adanya kegiatan ini, tentu chemesteri bisa berjalan dengan baik dan kompak," terang Ronal.


Pada kesempatan ini, Direktur Democracy and Electoral  Empowerment Partnership (DEEP), Neni Nurhayati, selaku narasumber yang berlangsung secara virtual dalam acara ini menjelaskan,  bahwa saat ini tahapan pemilu sudah memasuki tahapan puncak. Untuk itu Bawaslu harus bekerja keras dan terus melakukan kordinasi dengan stakholder, terutama kepada rekan- rekan media. "Pengawasan tahapan kampanye pemilu 2024 merupakan branding issu di tengah msyarakat. Maka reputasi Bawaslu sangat ditunggu dalam membangun peradaban sebuah bangsa," papar Neni. Menurutnya, situasi politik di Indonesia saat ini sedang tidak baik-baik saja, tetapi citra Bawaslu masih tertinggi sejak dimulainya Tahapan Pemilu 2024.

“Baik buruknya pelaksanaan demokrasi adalah hasil komunikasi publik dari Bawaslu.Oleh sebah itu, kedekatan Bawaslu dengan media sangat dibutuhkan, karena media yang paling dominan memberikan informasi kepada masyarakat,” terangnya.

Dalam acara tersebut juga diselingi sesi tanya jawab yang dipandu moderator yang memberikan ruang dan waktu bagi wartawan untuk bertanya terkait sistim atau aturan pelaksanaan Pemilu serta kerjasama antara Bawaslu dengan media. Sementara itu, narsumber terakhir yang menyampaikan materi yakni Syarief Dayan yang merupakan Pimpinan Redaksi Tribun Pekanbaru. Dikatakanya bahwa untuk menjaga dan mengawasi tahapan pemilu tahun 2024 mendatang Bawaslu Riau perlu meningkatkan kordinasi dan sinergitas yang baik dengan media."Bawaslu butuh media untuk menyampaikan informasi dalam pemberitan. Karena peran media sangat penting dalam melakukan pengawasan , sehingga pemilu bisa berlangsung aman dan lancar. Oleh sebab itu, antara Bawaslu dan media perlu kerjasama dan menjaga hubungan yang baik," terang Dayan. 

Tampak Hadir dalam kegiatan tersebut, Tenaga ahli Bawaslu RI, Ronal Michael Manoach Ketua Bawaslu Riau, Alnofrizal, SE, M.IKom dan Komisioner Bawaslu Riau, Kejati Riau yang mewakili, Kesbangpol Riau yang mewakili serta puluhan para wartawan media online, cetak dan media elektronik yang ada di Kota Pekanbaru. ***

 

 

 

 

 

 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar