Kerjasama Lembaga Filantropi Mesir

Baznas RI Salurkan Bantuan ke Palestina

Ketua BAZNAS Noor Achmad ke Kairo Bersama Dubes RI Kairo, Lutfi Rauf

JAKARTA--(KIBLATRIAU.COM)--  Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI menyatakan kesiapannya bekerja sama dengan sejumlah lembaga filantrofi di Kairo, Mesir. Hal ini dilakukan sebagai wujud dukungan kemanusiaan terhadap Palestina.Kesiapan tersebut ditandai dengan kedatangan tim kemanusiaan BAZNAS RI yang dipimpin Ketua BAZNAS Noor Achmad ke Kairo. Kiai Noor didampingi Sekretaris Utama Muchlis Hanafi, Direktur Pendistribusian Ahmad Fikri dan Direktur Kajian dan Pengembangan Muhammad Hasbi Zaenal yang merupakan alumni Al Azhar."Kunjungan ini bermaksud memberikan bantuan ke Palestina melalui kerja sama dengan beberapa lembaga filantrofi di Mesir," kata Kiai Noor, dalam keterangannya, Sabtu (25/11/2023).

Kiai Noor mengatakan, BAZNAS membawa Tim Kemanusiaan BAZNAS untuk menyukseskan penyaluran bantuan dari masyarakat Indonesia kepada rakyat Palestina. Ia berharap kerjasama yang terjalin dapat meringankan beban korban di Palestina."Kami juga membawa Tim Kemanusiaan BAZNAS untuk menyukseskan penyaluran bantuan dari masyarakat Indonesia untuk rakyat Palestina. Mudah-mudahan sinergisitas kita dengan lembaga di Mesir dapat meringankan beban korban serangan Israel di Palestina," kata Kiai Noor.Pada kesempatan yang sama, Kepala Perwakilan RI KBRI Kairo, Lutfi Rauf menyambut kedatangan tim BAZNAS RI. Ia mengatakan dukungan masyarakat Indonesia terhadap warga Palestina sangat dibutuhkan.

"Alhamdulillah, tim BAZNAS RI telah sampai di Kairo, Mesir dengan selamat. Kami ucapkan ahlan wa sahlan kepada tim BAZNAS RI yang datang jauh-jauh dari Indonesia ke Mesir hanya untuk membantu saudara-saudara di Palestina," katanya."Di antara yang membuat kelancaran adalah packing yang sudah tepat. Packing model yang dilakukan BAZNAS bisa menjadi contoh jika nanti ada pengiriman lewat pesawat kembali. Bantuan via BAZNAS termasuk yang sudah lolos dari pemeriksaan Israel dan masuk Gaza," kata Lutfi Rauf.BAZNAS RI juga diketahui bekerja sama dengan lembaga asal Mesir, Mishr Al-Kheir dalam menyalurkan bantuan untuk masyarakat Palestina.

Noor Achmad menyampaikan, pada tahap kedua ini, BAZNAS mengkoordinasikan bantuan kemanusiaan kepada beberapa lembaga asal Mesir yang memiliki jalur untuk mendistribusikan bantuan ke Palestina. Menurutnya, Mesir merupakan salah satu jalur yang memungkinkan untuk mengirimkan bantuan."Adapun lembaga-lembaga itu di antaranya adalah Lembaga Filantropi lokal Mishr Al-Kheir, Bayt Zakat Wa As-Shadaqat Mesir, serta Egyptian Red Crescent yang memiliki jaringan dengan Red Cross Palestina," ujar Kiai Noor.Dalam kunjungan tersebut, Kiai Noor juga berdiskusi terkait berbagai macam bantuan yang dibutuhkan oleh masyarakat Palestina, seperti makanan pokok, obat-obatan, pakaian, selimut, dan lainnya.


Sementara itu, CEO Mishr Al-Kheir, Muhandisah Amal Mubadda menyambut baik kerja sama dengan BAZNAS RI, dan menyampaikan kesediaannya untuk menjadi peninjau lapangan dalam program ini."Kami bersedia melaporkan bantuan apa saja yang dibutuhkan oleh Palestina kepada BAZNAS RI," ujarnya.Untuk proses penyaluran bantuan, Muhandisah Amal menyampaikan, pihaknya melewati jalur yang telah terdapat dalam prosedur keamanan Mesir, sehingga proses pendistribusian bantuan tidak ada halangan yang dialami.(Net/Hen)
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar