Akibat Tanah Terbelah dan Amblas

Dua rumah warga di Tangerang Rusak dan Retak

Tanah amblas di Kampung Kadusirung Kabupaten Tangerang

TANGERANG--(KIBLATRIAU.COM)-- Amblasnya tanah di Kampung Kadusirung, Kelurahan Kadusirung, Kecamatan Pagedangan, Tangerang, membuat rumah warga mengalami kerusakan berat. Penghuninya terpaksa meninggalkan sementara rumah mereka demi keselamatan dan keamanan. Salah satunya rumah milik Saenih (40). Rumah bercat merah muda ini mengalami keretakan pada dinding ruang tamu. Panjang retakan hingga 2,5 meter dengan lebar sekitar 15 centimeter.

Tak hanya Saenih, warga lain yakni Eni juga mengalami hal sama. Selain dinding tembok rumah yang retak seperti terbelah, permukaan lantai rumah Eni juga terangkat setinggi 5 meter. Eni berserta empat anggota keluarganya harus mengungsi ke rumah tetangga sampai dilakukan perbaikan rumah yang rusak.

"Saya memilih mengungsi dulu, karena saya juga takut kalau rumah saya ini mendadak roboh, soalnya retak begitu. Paling parah retak yang diruang tamu, ada juga di beberapa dinding lainnya seperti di dapur sama kamar mandi," terang dia, Selasa (16/10). Eni mengaku tak tahu kalau tanah di sekitar rumahnya amblas, hingga kedalamam 2 meter. Saat kejadian tanah amblas, dia sedang berada di luar rumah. "Saat pulang kerja saya melihat benar ada retak gitu terus saya langsung ke rumah tetangga sambil beresin barang barang buat di kardus dan saya langsung pergi ngungsi," kata dia.

Tanah yang amblas diketahui terdapat di tiga titik dengan jarak hanya 4 meter. Untuk titik amblas yang pertama memiliki panjang 6 meter dengan lebar 1 dan kedalaman 2 meter.

Selanjutnya di titik kedua dengan jarak hanya dua meter memiliki panjang 7 meter dengan lebar 30 sentimeter dan kedalaman 1 meter. Sedangkan, titik ketiga memiliki panjang 10 meter dengan lebar 1 meter dan amblas 2 meter.

Saat ini, pihak Pemerintah Daerah terkait tengah melakukan pemadatan tanah dengan cara melakukan pengaspalan. Sedangkan, untuk rumah yang mengalami retak diminta untuk ditinggalkan sementara waktu selagi pada proses perbaikan. (Net/Hen)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar