JK soal Pembelian Alutsista Bekas

Harga 1 Pesawat Rp 1 Triliun, Pantas Nggak

Jusuf Kalla.

JAKARTA--(KIBLATRIAU.COM)-- Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla (JK) memiliki pandangannya tersendiri mengenai belanja alutsista, khususnya pesawat bekas. JK memandang ada dua aspek yang mesti diperhatikan, yakni usia dan jam terbang.Awalnya, JK enggan memperdebatkan mengenai kualitas pesawat bekas yang hendak dibeli. Namun, JK menilai usia pesawat pasti mempengaruhi teknologi yang diadopsi dalam alutsista."Saya tidak berdebat seperti itu tapi saya juga ngerti pesawat itu kan. Jadi pesawat diukur itu 2 (yaitu) umurnya, karena umur sangat berpengaruh pada teknologi kalau umurnya 25 tahun artinya teknologinya 25 tahun lalu. Kalau lebih baru pasti teknologi baru lagi. Di samping itu jam terbangnya berapa, semua ada aturannya kalau pesawat terbang, yang penting itu," kata JK saat ditemui di kediamannya di Jalan Brawijaya, Jakarta Selatan, Rabu (10/1/2024).

Ia menyebut, biasanya satu unit pesawat bekas berusia 25 tahun dibanderol harga Rp 1 triliun.JK mengakui pemerintah tak sekali dua kali membeli pesawat bekas. Mengingat, semakin tua umur pesawat maka harganya semakin murah."Sebenarnya bukan hanya bekas, berapa harga bekas itu? Itu hal yang berbeda, kalau ini kan harganya kira-kira 12 pesawat, rata-rata saja ya, Rp 1 triliun satu pesawat, pesawat yang umurnya 25 tahun. Yang pertanyaan banyak pihak, pantas nggak harga itu? Jadi bukan soal bekasnya saja, berapa harga bekas itu? Saya kira pemerintah kan tidak satu kali ini beli barang bekas, tapi selalu murah, murah sekali barang bekas itu sebetulnya, apalagi kalau sudah tua," ujarnya.

Seperti diketahui, Debat ketiga Pilpres 2024 berlangsung panas dengan salah satunya membahas pertahanan. Capres nomor urut 1 Anies Baswedan menilai pembelian alutsista bekas bukan merupakan keputusan yang tepat. Terlebih jika anggaran tersebut dibela-belain berasal dari utang."Utang-utang yang kita gunakan untuk aktivitas produktif, jangan utang itu digunakan untuk kegiatan yang non produktif. Misalnya utang dipakai untuk membeli alutsista bekas oleh Kementerian Pertahanan, itu bukan sesuatu yang tepat. Justru harus sebaliknya kita kerjakan," kata Anies dalam Debat Ketiga Capres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Ahad (7/1/2024).(Net/Hen)
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar