Bulan Mulia

Keutamaan Puasa Rajab, Salah Satunya Dijauhkan dari Neraka

Ilustrasi puasa Rajab

JAKARTA--(KIBLATRIAU.COM)-- Puasa Rajab mengandung banyak keutamaan. Amalan sunnah ini sangat dianjurkan karena Rajab termasuk ke dalam bulan mulia dalam Islam seperti dijelaskan dalam surah At Taubah ayat 36,
????? ??????? ??????????? ?????? ??????? ?????? ?????? ??????? ???? ?????? ??????? ?????? ?????? ??????????? ??????????? ???????? ?????????? ?????? ??????? ????????? ?????????? ?? ????? ??????????? ????????? ???????????? ??????????? ??????????????? ????????? ????? ????????????????? ????????? ?????????????? ????? ??????? ???? ?????????????? ??

Artinya: "Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) ketetapan Allah (di Lauh Mahfuz) pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu padanya (empat bulan itu), dan perangilah orang-orang musyrik semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang bertakwa."

Miftah Fauzi dalam bukunya Memburu Syurga di Bulan Istimewa, menjelaskan keutamaan bulan Rajab dibandingkan bulan-bulan lainnya dalam hadits yang diriwayatkan Abu Bakrah RA, bahwasanya Nabi Muhammad SAW bersabda:"Setahun berputar sebagaimana keadaannya sejak Allah menciptakan langit dan bumi. Satu tahun itu ada dua belas bulan. Di antaranya ada empat bulan haram (suci). Tiga bulannya berturut-turut yaitu Dzulqa'dah, Dzulhijjah dan Muharram. (Satu bulan lagi adalah) Rajab Mudhar yang terletak antara Jumadil (akhir) dan Sya'ban." (HR Bukhari dan Muslim)

Menurut kalender hijriah Indonesia terbitan Kementerian Agama (Kemenag RI), bulan Rajab 1445 H/2024 M akan jatuh pada 13 Januari 2024.

Keutamaan Puasa Rajab
Mengutip dari buku Doa Amalan di Bulan Rajab, Sya'ban & Ramadhan oleh Tim Zahra dan arsip detikHikmah, berikut keutamaan puasa Rajab.

1. Dijauhkan dari Neraka hingga Masuk Surga
Imam Musa bin Ja'far AS berkata,

"Barangsiapa puasa sehari saja di bulan Rajab, ia akan terjauhkan dari neraka selama satu tahun. Barangsiapa puasa tiga hari, ia berhak mendapatkan surga."

2. Pahala Puasa Sehari Sama dengan Sebulan
Pahala yang diberikan bagi mereka yang berpuasa pada bulan Rajab sungguh besar. Bahkan, puasa satu hari setara dengan sebulan.

Nabi Muhammad SAW bersabda,

"Barang siapa berpuasa pada bulan Rajab sehari maka laksana ia puasa selama sebulan." (HR At-Thabrani)

3. Lebih Utama Ketimbang Puasa Bulan Lain
Rasulullah SAW bersabda,

"Satu hari berpuasa pada bulan haram (Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab), lebih utama dibanding berpuasa 30 hari pada bulan selain-nya. Satu hari berpuasa pada bulan Ramadhan, lebih utama dibanding 30 hari berpuasa pada bulan haram."

4. Diganjar Surga
Keutamaan puasa Rajab lainnya ialah dibalas dengan surga, berikut bunyi haditsnya:

"Sesungguhnya di surga terdapat sungai yang dinamakan Rajab, airnya lebih putih daripada susu dan rasanya lebih manis dari madu. Barangsiapa puasa sehari pada bulan Rajab, maka ia akan dikaruniai minum dari sungai tersebut.(Net/Hen)

 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar