Melanggar bakal Ditindak Tegas

Wujudkan Pemilu Damai, Polres Pelalawan Deklarasi Bersama Tertib Berlalulintas

Polres Pelalawan melakukan deklarasi bersama tertib berlalulintas, demi mewujudkan pemilu damai 2024 di lapangan Publik Pangkalan Kerinci, Ahad (21/1/2024).

PELALAWAN --(KIBLATROAU.COM)--  Polres Pelalawan melakukan deklarasi bersama tertib berlalulintas, demi mewujudkan pemilu damai 2024 di lapangan Publik Pangkalan Kerinci, Ahad (21/1/2024).

Deklarasi bersama itu dihadiri oleh Pimpinan Forkopimda Kabupaten Pelalawan, Ketua Partai Politik, Ketua Bawaslu, Ketua KPU, Tokoh Masyarakat, Ormas dan komunitas motor serta perwakilan pelajar yang ada di kota Seiya Sekata tersebut

Sementara deklarasi itu Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal, memberikan himbauan memalui virtual kepada ratusan undangan yang hadir dalam Deklarasi yang ditaja Polres Pelalawan.

Usai mendengarkan arahan dan himbauan Kapolda Riau, dilanjutkan deklarasi bersama dengan membacakan ikrar, untuk selalu tertib berlalulintas di jalan raya demi mewujudkan pemilu aman dan damai yang akan digelar pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang.

Kapolres Pelalawan AKBP Suwinto SH, SIK, dalam sambutan menyampaikan bahwa deklarasi ini digelar sebagai bentuk komitmen bersama dalam mensukseskan Pemilu Damai 2024.

"Jadi pentingnya tertib berlalulintas pada masa-masa kampanye Pemilu 2024.Terutama pada saat melaksanakan kampanye terbuka. Ketika melakukan konvoi kampanye massa partai politik di jalan raya, harus tetap selalu tertib dan menjaga keselamatan di jalan raya," ujar Kapolres Pelalawan.

Untuk itu Kapolres menghimbau kepada seluruh pimpinan parpol dan masyarakat simpatisan agar dapat memberikan himbauan dan contoh tertib berlalulintas. Apalagi selama tahapan kampanye melintasi jalan raya, diharapkan memberikan  teguran apabila terjadi pelanggaran lalu intas pada saat kampanye.

"Dengan deklarasi ini agar peserta pemilu dalam kampanye dapat terhindar dari kecelakaan. Untuk itu kami ingin semua elemen masyarakat ikut membantu mengamankan pesta demokrasi 2024 hingga proses selesai dapat tercipta suasana yang aman dan nyaman,"  tegas Suwinto.

Usai deklarasi bersama, para tamu undangan yang hadir, menandatangani komitmen bersama untuk tertib lalulintas demi mewujudkan pemilu damai.

Setelah itu  ditutup dengan pelepasan pawai kendaraan roda dua yang langsung dipimpin Kasat Lantas AKP Akira Ceria, SIK, MM, yang  dilepas langsung Kapolres Pelalawan AKBP Suwinto.

Ditambahkan Kasat Lantas AKP Akira Ceria, bagi masyarakat yang akan mengikuti kegiatan kampanye untuk selalu tertib berlalulintas, yakni selalu menggunakan helm SNI, berboncengan tiga atau lebih, tidak boleh mengunakan knalpot brong, serta mengunakan mobil bak terbuka.

"Kita sudah lakukan sosialisasi dan persuasif. Tapi apabila masih ada yang melanggar sudah diberi teguran akan kita tindak tegas," ungkap Kasat Lantas.

Apalagi dukungan untuk tertib berlalulintas dan tidak mengunakan knalpot brong. Satlantas Polres Pelalawan, mendapat dukungan dan sport dari para biker yang menjadi pelopor untuk tertib berlalulintas dalam mensukseskan kampanye Pemilu 2024".

"Kalau terjadi pelanggaran pada saat kampanye, kami akan melakukan tindakan secara persuasif. Tapi setelah adanya deklarasi bersama dan mendukung untuk tertib berlalulintas, mewujudkan pemilu damai masih ada yang melanggar akan ditindak tegas," tutur mantan Kasat Lantas Polresta Dumai tersebut (Sa)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar