Kewajiban Umat Islam

Cara Mengqodho Sholat Subuh, Begini Hukum dan Niatnya

Ilustrasi sholat qodho Subuh

JAKARTA--(KIBLATRIAU.COM)-- Sholat adalah kewajiban yang harus ditunaikan oleh setiap umat Islam. Dalam satu hari, umat Islam wajib menunaikan 5 waktu sholat, salah satunya Sholat Subuh.Namun, terkadang kita melewatkan Sholat Subuh karena alasan tertentu. Jika hal tersebut terjadi, maka kita perlu mengetahui bagaimana cara mengqodho Sholat Subuh.Nah, dalam artikel ini, kita akan mempelajari bagaimana cara mengqodho Sholat Subuh, mulai dari pengertian qodho, cara mengqodho Sholat Subuh, hingga niat qodho Sholat Subuh.

Sholat lima waktu merupakan kewajiban tak terhindarkan bagi setiap umat Islam. Sebagai kewajiban ibadah yang mendasar, sholat menghubungkan hubungan vertikal antara hamba dan Sang Pencipta Allah SWT.Hal ini tidak hanya melibatkan ritual ibadah, tetapi juga mencerminkan disiplin diri, kesadaran spiritual, dan tanggung jawab terhadap tugas agung sebagai seorang Muslim yang taat. Maka dari itu, menjalankan sholat lima waktu bukanlah sekadar rutinitas, melainkan wujud pengabdian yang kokoh dalam mengukuhkan iman dan ketaqwaan kepada Allah SWT di tengah dinamika kehidupan.Rasulullah SAW bersabda: Jika salah seorang dari kalian tidak sholat karena tertidur, atau karena lupa, maka sholatlah (qodho) tatkala teringat, sesungguhnya Allah SWT berfirman: "dirikanlah Sholat untuk mengingatku." (HR. Muslim).

Dikutip dari buku Tuntunan Bersuci Dan Sholat: Madzhab Imam Asy Syafi'i oleh Humaidi Al-Faruq, arti dari qodho sholat adalah perbuatan untuk menunaikan sholat di luar batas waktunya. Meski sudah lewat dari waktunya, seorang muslim yang baik harus tetap menunaikan kewajiban sholat.Sholat subuh adalah sholat yang ditunaikan sebelum terbitnya fajar. Pada waktu ini, beberapa orang seringkali masih tertidur lelap sehingga melewatkan waktu Sholat Subuh. Namun, umat muslim bisa menggantinya dengan cara mengqodho Sholat Subuh.

Adapun hukum qodho Sholat Subuh adalah wajib, jika terlepas bukan karena alasan yang disengaja. Mengqodho Sholat Subuh sebaiknya dilakukan segera setelah ingat atau memiliki kesempatan.Misalnya, jika tertinggal waktu Sholat Subuh karena masih terlelap dalam tidur. Maka sebaiknya segera menunaikan Sholat Subuh sesaat setelah bangun dari tidur.Perintah Sholat sudah banyak tertulis di dalam ayat Al-Quran, salah satunya surat Al-Isra ayat 78. Allah SWT berfirman:

?????? ?????????? ?????????? ????????? ????? ?????? ???????? ?????????? ?????????? ????? ???????? ????????? ????? ???????????

Artinya: "Laksanakanlah sholat sejak matahari tergelincir sampai gelapnya malam dan (laksanakan pula sholat) Subuh. Sungguh, sholat Subuh itu disaksikan (oleh malaikat)" (QS. Al Isra: 78)

Cara Mengqodho Sholat Subuh dilakukan sama seperti Sholat Subuh seperti biasanya. Hanya saja, terdapat perbedaan dalam niat yang dibacakan ketika akan mendirikan sholat.

Berikut ini adalah bacaan niat mengqodho Sholat Subuh dalam tulisan Arab, tulisan Latin, dan terjemahannya:

???? ??? ????? ?????? ?????? ?????? ???? ??? ?????

Arab-latin: Usholli fardhos subhi rok'ataini mustaqbilal qiblati qodho'an lillahi ta'ala.Artinya: "Saya (berniat) mengerjakan sholat fardhu Subuh sebanyak dua raka'at dengan menghadap kiblat serta qodho karena Allah Ta'ala."Setelah melantunkan niat qodho Sholat Subuh, selanjutnya lakukanlah tahapan sholat Subuh seperti biasanya. Dilakukan dari takbiratul ihram dengan dua rakaat dan diakhiri dengan salam.Nah, itulah dia pembahasan lengkap mengenai cara mengqodho Sholat Subuh yang bisa kamu lakukan jika melewatkan waktu Sholat Subuh. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk membantumu beribadah kepada Allah SWT.(Net/Hen)
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar