Piala Asia 2023

Kalahkan Lebanon 2-1, Tajikistan Lolos ke Babak 16 Besar

Timnas Tajikistan merayakan gol Umarbaev Parvizdzhon ke gawang Lebanon, Senin (22/1/2024)

Bola.net--(KIBLATRIAU.COM)--Teka-teki siapa yang menemani Qatar untuk lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 dari grup A akhirnya terjawab. Timnas Tajikistan mendapatkan tiket tersebut setelah mengalahkan Lebanon dengan skor 2-1.Lebanon berhasil unggul terlebuh dahulu melalui gol Bassel Jrardi namun Parvizdzhon Umarbayev dan Nuriddin Khamrokulov berhasil membawa Tajikistan berbalik unggul.Berkat hasil ini, Tajikistan lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 sebagai runner up grup A. Sementara Lebanon harus puas finish di peringkat tiga.

Pertandingan yang digelar di Jassim Bin Hamad Stadium ini memang berjalan sengit sejak awal laga. Kedua tim sama-sama butuh kemenangan agar bisa lolos ke babak 16 besar.Tajikistan secara garis besar mendominasi penguasaan bola. Namun mereka kesulitan untuk membuat peluang bersih di depan gawang Lebanon.Di akhir babak pertama, Tajikistan berhasil mencetak gol melalui Shervoni, namun sayang gol itu dianulir VAR karena dalam prosesnya ternyata sudah berada dalam posisi offside, sehingga skor 0-0 bertahan hingga turun minum.Memasuki babak kedua, Lebanon tancap gas. Baru dua menit laga berjalan, Bassel Jradi berhasil membawa Lebanon unggul setelah tembakannya masuk ke gawang Tajikistan. Skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Lebanon.

Namun beberapa menit berselang, Lebanon harus bermain dengan 10 pemain. VAR memutuskan Kassem El Zein mendapatkan kartu merah setelah ia membuat pelanggaran keras kepada pemain Tajikistan.Unggul jumlah pemain tidak disia-siakan oleh Tajikistan. Di menit le-75, Aliser Dzhalilov berhasil menjebol gawang Lebanon, namun gol ini lagi-lagi dianulir karena offside.Tajikistan akhirnya menyamakan kedudukan di menit ke-80. Tembakan Parvizdzhon Umarbayev berhasil mengoyak gawang Lebanon sehingga skor sama kuat 1-1.Gol tersebut membuat Tajikistan semakin bersemangat. Di masa injury time, Tajikistan berhasil berbalik unggul berkat gol Nuriddin Khamrokulov. Skor 2-1 menutup jalannya pertandingan.(Net/Hen)


Susunan Pemain

 


Tajikistan (4-4-2): Yatimov; Nazarov, Juribaev, Khanonov, Safarov; Panjshanbe, Shukurov, Umarboev, Mabatshoev; Dzalilov, Soirov

Pelatih: Petar Segrt

Lebanon (3-4-1-2): Matar; Al Zein, Melki, Khamis; Nassar, Srour, Tneich, Zein; Jradi; Bugiel, Maatouk

Pelatih: Miodrag Radulovic


Berita Lainnya...

Tulis Komentar