Jepang Vs Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Melawan Kemustahilan

Jepang Vs Timnas Indonesia

Bola.com--(KIBLATRIAU.COM)-- Timnas Indonesia akan mencoba melawan kemustahilan ketika menantang Timnas Jepang dalam partai terakhir Grup D Piala Asia 2023 di Al Thumama Stadium, Doha, pada Rabu (24/1/2024) malam WIB.Saat ini, kedua kesebelasan bersaing ketat di klasemen sementara Grup D Piala Asia 2023. Timnas Indonesia menempati peringkat ketiga dengan tiga poin dari dua partai.Sementara, Jepang berada di posisi kedua dengan nilai dan jumlah pertandingan yang sama seperti Timnas Indonesia, namun unggul selisih gol.Secara kualitas, atau minimal berdasarkan ranking FIFA, perbedaan Timnas Indonesia bak langit dan bumi dengan Jepang. Mengapa demikian?


Timnas Indonesia hanya mampu menduduki urutan ke-146 per 21 Desember 2023, sedang Jepang di tangga ke-17 atau menjadi negara terbaik se-Asia."Jelas level Jepang ada di paling atas Asia. Mereka tim nomor satu. Ini mungkin pertandingan yang sangat berat dan sulit untuk kami," ujar pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.Shin Tae-yong perlu mengingat bahwa Jepang bukan tidak mungkin dikalahkan, melihat bagaimana Timnas Irak mampu mempermalukan armada Hajime Moriyasu itu 2-1 dalam laga kedua Grup D.Timnas Indonesia juga sedang berada di atas angin. Tim berjulukan Skuad Garuda itu berhasil mengalahkan Timnas Vietnam 1-0 pada penampilan terakhirnya di Grup D.

Shin Tae-yong perlu melakukan pendekatan yang berbeda ketika melawan Jepang. Timnas Indonesia bakal lebih cocok memainkan counter attack ketimbang bermain terbuka atau meladeni permainan lawan.Untuk itu, sejumlah pemain petarung dan berpengalaman layak memulai pertandingan untuk Timnas Indonesia sejak menit awal seperti Ricky Kambuaya dan Shayne Pattynama.Sementara itu, di atas kertas, Jepang sebenarnya dapat dengan mudah mengalahkan Timnas Indonesia bila segala sesuatunya berjalan sesuai dengan rencana.Namun, Jepang dalam posisi serba salah. Andai menang atau seri kontra Timnas Indonesia, Jepang akan finis sebagai runner-up Grup D dan bakal menghadapi juara Grup E di babak 16 besar Piala Asia 2023.Grup E berpeluang dimenangkan oleh Timnas Korea Selatan, yang sekarang berada di posisi kedua klasemen sementara dengan empat poin dari dua partai, sama seperti Timnas Yordania di urutan pertama.

Jepang kemungkinan masih akan kehilangan Kaoru Mitoma untuk melawan Timnas Indonesia. Winger Brighton and Hove Albion itu belum bisa pulih tepat waktu dari cedera pergelangan kaki.Selain itu, Takefusa Kubo dan Takehiro Tomiyasu belum berada dalam performa terbaik. Praktis, Jepang akan berharap banyak terhadap Takumi Minamino dan Wataru Endo."Kami mempunyai 26 pemain yang siap bermain melawan Timnas Indonesia. Tetapi kami harus mempertimbangkan bahwa di turnamen ini kami bisa bermain sampai tujuh kali," ucap pelatih Jepang, Hajime Moriyasu.(Net/Hen)


Susunan Pemain

 

Jepang (4-2-3-1): Zion Suzuki; Takehiro Tomiyasu, Ko Itakura, Shogo Taniguchi, Hiroki Ito; Wataru Endo, Hidemasa Morita; Ritsu Doan, Takefusa Kubo, Takumi Minamino; Takuma Asano
Pelatih: Hajime Moriyasu
Timnas Indonesia (3-4-2-1): Ernando Ari; Sandy Walsh, Jordi Amat, Justin Hubner: Asnawi Mangkualam, Ivar Jenner, Ricky Kambuaya, Shayne Pattynama; Yakob Sayuri, Marselino Ferdinan; Rafael Struick
Pelatih: Shin Tae-yong


Berita Lainnya...

Tulis Komentar