Bakal Hadapi Australia

Takluk dari Jepang 1-3, Timnas Indonesia Menanti Nasib

Para pemain Timnas Jepang dan Indonesia saling bersalaman setelah berakhirnya laga ketiga Grup D Piala Asia 2024 yang dimenangkan Jepang dengan skor 3-1 di Al-Thumama Stadium, Doha, Qatar, Rabu (24/1/2024) malam WIB.

Bola.com--(KIBLATRIAU.COM)-- Timnas Indonesia kalah 1-3 dari Jepang di pertandingan terakhir Grup D Piala Asia 2023, Rabu (24/1/2023) malam WIB. Kini Tim Garuda hanya tinggal mengharapkan lolos dari jalur peringkat ketiga terbaik sembari menunggu hasil laga terakhir Grup E dan F yang digelar pada Kamis (25/1/2024).Sebelum pertandingan melawan Jepang, Timnas Indonesia masih punya peluang untuk lolos sebagai runner-up Grup D Piala Asia 2023. Namun, kekalahan dari tim Samurai Biru itu memastikan predikat runner-up menjadi milik tim asuhan Hajime Moriyasu.Kekalahan dari Jepang tak lantas membuat Timnas Indonesia mendapatkan kepastian, apakah tetap lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 atau justru pulang.

Asnawi Mangkualam Bahar masih harus menunggu pertandingan terakhir Grup E dan F yang baru akan digelar pada Kamis (25/1/2024).Nasib Timnas Indonesia kini ditentukan oleh beberapa laga, seperti duel antara Bahrain kontra Yordania  dan Korea Selatan kontra Malaysia di Grup E, serta duel antara Oman kontra Kirgistan di Grup F.Meski statusnya masih menunggu pertandingan-pertandingan dari dua grup terakhir, Timnas Indonesia sebenarnya sudah bisa dipastikan bakal bertemu siapa andai lolos ke 16 besar Piala Asia 2023. Siapa menunggu Tim Garuda?

Menurut bagan turnamen 16 besar Piala Asia 2023 terkini, Timnas Indonesia dipastikan bakal menghadapi Australia jika bisa lolos ke fase selanjutnya.Sejauh ini dua tim yang sudah memastikan diri lolos dengan predikat peringkat ketiga terbaik adalah Suriah dari Grup B dan Palestina dari Grup C. Sementara dua slot lainnya akan diperebutkan Timnas Indonesia dari Grup D, dan dua tim dari Grup E dan F.Kondisi itu membuat hanya ada tiga skema kemungkinan mengenai lawan di 16 besar Piala Asia 2023 melihat dari tim-tim yang mungkin lolos dari slot peringkat ketiga terbaik.


Suriah dipastikan bertemu Iran, sementara Palestina yang lolos dari Grup C masih harus menunggu siapa dua tim lain yang ikut lolos.Andai yang lolos adalah Timnas Indonesia, dan tim dari Grup E, maka Palestina bakal menghadapi Qatar. Namun, jika Timnas Indonesia yang gagal lolos, maka Palestina akan berhadapan dengan Australia.Namun, andai Timnas Indonesia benar-benar lolos ke 16 besar Piala Asia 2023, dipastikan Australia yang akan menjadi lawan.Sebagai juara Grup B, Australia memang kini menunggu apakah bakal melawan Palestina atau Timnas Indonesia, tergantung hasil akhir dari pertandingan Grup E dan F pada Kamis (25/1/2024).Menghadapi Australia jelas bukan hal yang mudah. Socceroos menjadi juara Grup B setelah menang 2-0 atas India dan 1-0 atas Suriah. Dalam laga terakhirnya di Grup B Piala Asia 2023, Australia bermain imbang 1-1 dengan Uzbekistan.


Situasi di klasemen pemeringkatan posisi ketiga terbaik saat ini, Timnas Indonesia berada di posisi keempat, atau jatah terakhir lolos ke 16 besar Piala Asia 2023.Selain Suriah dan Palestina yang ada di dua posisi teratas dan dipastikan bakal tampil di 16 besar Piala Asia 2023, ada Bahrain dari Grup E yang ada di atas Indonesia dan baru akan bermain pada Kamis (25/1/2024).Sementara dua tim di bawahnya adalah China yang sudah tidak mungkin menambah jumlah poin karena sudah tidak bertanding lagi sehingga dipastikan tersingkir, dan Oman dari Grup F yang juga masih punya potensi menggeser Timnas Indonesia.


Lalu bagaimana skema Timnas Indonesia untuk bisa lolos ke 16 besar Piala Asia 2023?.Dari Grup E, Korea Selatan diharapkan menang atas bermain imbang saat menghadapi Malaysia, dan Yordania menang telak atas Bahrain agar Timnas Indonesia unggul selisih gol atas Bahrain yang akan tetap ada di posisi ketiga.Situasi itu akan membuat Bahrain bertukar posisi dengan Timnas Indonesia di klasemen pemeringkatan peringkat ketiga dan membuat Tim Garuda bisa otomatis langsung lolos ke 16 besar Piala Asia 2023.Selain itu, Timnas Indonesia juga bisa mengharapkan keberuntungan dari Grup F. Asalkan Kirgistan menang tipis atau bermain imbang dengan Oman, maka Timnas Indonesia akan lolos ke 16 besar Piala Asia 2023.(Net/Hen)

 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar