Irak Vs Yordania pada 16 Besar Piala Asia 2023

Tetangga Berebut Tiket ke Perempat Final

Piala Asia - Irak Vs Yordania

Bola.com--(KIBLATRIAU.COM)-- Timnas Irak dalam ambisi besar untuk berbicara banyak di Piala Asia 2023. Namun, mereka harus lebih dulu melewati adangan Yordania pada 16 besar di Stadion Internasional Khalifa, Al Rayyan, Qatar, Senin (29/1/2024).Irak menjadi satu di antara tim yang menyapu bersih kemenangan dalam tiga laga fase grup Piala Asia 2023, masing-masing melawan Timnas Indonesia (3-1), Jepang (2-1), dan Vietnam (3-2). Kemenangan atas Jepang jadi spesial karena mereka  
menundukkan tim Asia dengan peringkat FIFA tertinggi.Di sisi lain, Timnas Irak berusaha mendapatkan apa yang pernah mereka capai pada edisi 2007, yakni trofi juara. Pelatih Irak, Jesus Casas, merasa optimistis timnya memiliki kualitas untuk meraih titel juara.

"Saya rasa kami berada di posisi yang sama seperti pada awal turnamen. Kami sangat percaya diri setelah tiga pertandingan; sungguh luar biasa bisa mengalahkan Jepang. Jika kami ingin menjuarai Piala Asia, kami harus memenangkan empat pertandingan  lagi," ucapnya."Itu tidak akan mudah karena ada tim-tim kuat tapi kami dalam posisi bagus untuk meraih gelar juara. Kami akan berjuang untuk menjuarai turnamen ini," imbuh pelatih Timnas Irak berpaspor Spanyol tersebut.Jesus Casas mengatakan timnya akan memiliki pola pikir menyerang yang sama seperti yang mereka lakukan pada penyisihan grup.

"Gaya kami sangat jelas, kami bertujuan untuk menyerang, mempertahankan kendali penguasaan bola, dan menciptakan banyak peluang. Kami tidak akan mengubah gaya kami. Melawan Jepang, kami coba menyerang," tuturnya.Timnas Irak dan Timnas Yordania tentu sudah mengenal satu sama lain. Maklum, mereka merupakan tim asal Timur Tengah yang bertetangga. Kedua tim sudah berjumpa dalam banyak kesempatan, baik laga kompetitif maupun persahabatan.

Yordania lolos lewat jalur empat tim peringkat ketiga terbaik di Piala Asia 2023. Mereka sempat tampil apik di Grup E, namun kemudian kalah 0-1 melawan Bahrain dalam pertandingan terakhir.Pelatih Yordania, Hussein Ammouta, menyadari timnya tidak diunggulkan melawan Irak. Namun, dia merasa yakin peluang timnya untuk lolos masih terbuka lebar."Kami akan menghadapi tim Irak yang sangat terorganisir dan kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk memenangkan pertandingan. Fokus kami adalah pada tanggung jawab dan tugas melawan Irak, dan kami bertekad untuk meraih kemenangan," ujarnya.

"Irak mempunyai pemain-pemain bagus tidak hanya di lini serang tapi di seluruh tim. Namun, semangat kerja sangat tinggi, dan semua orang bersatu dengan tanggung jawab besar di pundak mereka," imbuhnya.Yordania belum pernah mengalahkan Irak dalam lima pertemuan terakhir, serta kalah 0-1 dalam satu-satunya pertemuan mereka sebelumnya di Piala Asia. Itu terjadi pada penyisihan grup Piala Asia 2015.(Net/Hen)

 

Susunan Pemain

Timnas Irak (4-2-3-1): Ahmed Basil (kiper); Allan Mohideen, Zaid Tahseen, Rebin Sulaka, Merchas Doski (belakang); Osama Rashid, Ahmad Allee; Montader Madjed, Zidane Iqbal, Bashar Resan (tengah); Ali Al-Hamadi (depan)

Pelatih: Jesus Casas (Spanyol)

Timnas Yordania (3-4-2-1): Yazid Abu Layla (kiper); Abdallah Nasib, Anas Bani Yaseen, Salem Al-Ajalin (belakang); Feras Shelbaieh, Fadi Awad, Rajaei Ayed, Mohammed Abu Hasheesh; Youssef Abu Jalbosh, Ali Olwan (tengah); Yazan Al-Naimat (depan)


Pelatih: Hussein Ammouta (Maroko)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar