Tanda Kiamat

Sebelum Dajjal Muncul, 3 Daerah Akan Ditaklukkan Umat Islam

Ilustrasi kiamat

JAKARTA--(KIBLATRIAU.COM)--  Di akhir zaman, akan ada peperangan yang dihadapi umat Islam. Masa ini terjadi sebelum kemunculan Dajjal (sebagai salah satu tanda kiamat).Dalam peperangan, umat muslim mendapat kemenangan dan berhasil menaklukkan beberapa wilayah. Simak kisahnya berikut ini.Diriwayatkan dari Jabir bin Samurah dari Nafi' bin Utbah RA, Rasulullah SAW menyebutkan bahwa umat Islam akan memerangi Jazirah Arab, Persia, dan Romawi.Dikatakan dalam hadits, Romawi menjadi daerah yang akan ditaklukan umat Islam sebelum munculnya Dajjal.

Dalam 'Asyarah Yantazhiruhal 'Aalam 'Indal Muslimin wal Yahuud wan Nashaara oleh Manshur Abdul Hakim, kemenangan-kemenangan ketiga wilayah tersebut terjadi pada masa al-Mahdi sebelum munculnya Dajjal.Sebagian terjadi pada masa Rasulullah SAW, Khulafaur Rasyidin, dan pemerintahan setelahnya. Namun, konteks hadits ini membahas tentang akhir zaman, yakni zaman Dajjal dan al-Mahdi.Sebagaimana diriwayatkan dari Jabir bin Samurah, dari Nafi' bin 'Utbah RA: Kami pernah bersama Rasulullah SAW dalam suatu peperangan, lalu ada suatu kaum menghadap Rasulullah SAW dari arah barat Madinah. Mereka memakai pakaian yang terbuat dari bulu. Mereka menemui beliau di suatu bukit. Mereka berdiri, sedangkan Rasulullah SAW duduk.

Nafi' mengatakan, "Aku kepada diriku sendiri, 'Datangilah mereka, kemudian berdirilah di antara mereka dan beliau agar mereka tidak dapat membunuh beliau dari belakang.' Kemudian aku berkata, 'Barangkali beliau berbicara dengan mereka.'"Setelah mendatangi mereka, aku berdiri di antara mereka dan beliau. Aku ingat 4 kalimat dari beliau sembari kuhitung dengan tanganku, yakni beliau bersabda,"Kalian akan memerangi Jazirah Arab, lalu Allah 'Azza wa Jalla akan menaklukkannya. Kalian juga akan memerangi Persia, lalu Allah 'Azza wa Jalla akan menaklukkannya. Setelah itu, kalian akan memerangi bangsa Romawi, lalu Allah 'Azza wa Jalla akan menaklukkannya. Kalian juga akan memerangi Dajjal, lalu Allah 'Azza wa Jalla akan menaklukkannya."Kata Jabir, lalu Nafi' berkata, "Wahai Jabir, kami kira Dajjal tidak akan keluar hingga bangsa Romawi ditaklukkan."

Hadits tentang Kemunculan Dajjal
Rasulullah SAW mengatakan bahwa Dajjal merupakan fitnah terbesar di akhir zaman. Pada akhir zaman, kemunculan Dajjal termasuk tanda kiamat besar (kiamat kubra).Menurut hadits Sa'ad bin Abi Waqqash RA, disebutkan bahwa salah satu ciri fisik Dajjal yaitu mempunyai mata yang buta sebelah.

Rasulullah SAW bersabda,

"Setiap Nabi pasti akan menggambarkan ciri-ciri Dajjal untuk umatnya, dan aku akan menggambarkan sifatnya untuk kalian yang belum digambarkan oleh seorang pun sebelumku. Sesungguhnya, Dajjal itu buta sebelah matanya, sedangkan Allah SWT tidak buta sebelah matanya." (HR Ahmad dalam Al-Musnad dan dishahihkan oleh Ahmad Syakir).Dalam kitab An-Nihayah fi al-Fitan wa Al-Malahim oleh Katsir yang menyalin sebuah hadits, tempat Dajjal akan muncul adalah di sebuah tempat bernama Khurasan.Rasulullah SAW pernah bersabda,

"Sesungguhnya, Dajjal muncul dari bumi di sebelah Timur yang bernama Khurasan. Ia diikuti oleh kaum yang wajahnya laksana perisai yang ditempa." (HR Ahmad, At-Tirmidzi, dan Ibnu Majah. At-Tirmidzi menyatakan shahih).Dalam riwayat Anas RA, disebutkan Dajjal akan muncul dari tengah-tengah Yahudi Isfahan.Rasulullah SAW bersabda, "Dajjal muncul dari tengah-tengah Yahudi Isfahan bersama 70.000 orang Yahudi yang mengenakan mahkota." (HR Ahmad). (Net/Hen)
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar