Bulan yang Ditunggu-tunggu Umat Islam

Doa Menjelang Ramadhan yang Diamalkan Sesuai Sunnah

Ilustrai bulan Ramadhan

JAKARTA--(KIBLATRIAU.COM)-- Ramadhan adalah bulan yang ditunggu-tunggu umat Islam. Berbagai hal dilakukan kaum muslim untuk menyambut bulan tersebut, salah satunya membaca doa menjelang Ramadhan.Dari berbagai riwayat, Rasulullah SAW biasa membaca doa menjelang bulan Ramadhan. Berikut beberapa doa menjelang Ramadhan sebagaimana disebutkan dalam hadits.Doa Menjelang Ramadhan
??????? ?????????? ???????????? ????????? ????????? ???? ????????????? ?????? ????????????


Allahumma salimnii li ramadlaana wa sallim ramadlaana lii wa tasallamhu minnî mutaqabbalan.Artinya: "Ya Allah, selamatkanlah aku untuk bulan Ramadhan dan selamatkanlah bulan Ramadhan untukku, serta selamatkanlah Ramadhan dariku demi amal ibadah yang diterima." (HR Thabrani)Dikutip dari buku Misteri Bulan Ramadhan karya Yusuf Burhanudin, doa tersebut sebagai permohonan agar bulan Ramadhan menjadi suci dan jauh dari perilaku kotor. Doa tersebut juga mengandung lima permohonan.

Pertama, memohon kepada Allah SWT agar senantiasa diberi kesehatan sehingga bisa menyambut bulan Ramadhan dengan stamina fisik prima.Kedua, memohon kepada Allah SWT agar dijauhkan dari segala penyakit jasmani dan rohani sehingga bisa menyambut Ramadhan dengan sempurna.Ketiga, memohon kepada Allah SWT agar bulan Ramadhan dijauhkan dari segala bencana.Keempat, memohon kepada Allah SWT agar bulan Ramadhan tetap terjaga kesucian dan keberkahannya.

Kelima, memohon kepada Allah SWT agar seluruh jerih payah amal perbuatan selama bulan Ramadhan senantiasa diterima.Berikutnya, dikutip dari buku Apakah Amalan Kita Diterima Allah SWT karya Alexander Zulkarnaen, terdapat pula doa menjelang Ramadhan yang diriwayatkan dari At-Tirmdzi dan Ad-Darimi. Berikut bacaannya,

?????????? ????????? ????????? ??????????? ???????????? ????????????? ???????????? ?????? ????????? ???????

Allahumma ahillahu 'alaina bil yumni wal imani was salamati wal islam. Rabbi wa rabbukallah.

Artinya, "Ya Allah, mohon hadirkan awal Ramadhan untuk kami dengan penuh ketenangan dan penuh keimanan, dan dengan penuh keselamatan dan dalam keislaman, dengan taufik agar kami melakukan yang disukai dan diridhai oleh Rabbku dan Rabbmu, yaitu Allah."

Doa Melihat Hilal
Dikutip dari buku Risalah Shaum karya Wawam Shofwan Sholehuddin, hadits mengenai doa yang diucapkan oleh Rasulullah SAW ketika melihat hilal ini diriwayatkan oleh At-Tirmidzi yang meriwayatkannya dari Thalah RA. Namun, doa ini tidak dikhususkan ketika melihat hilal bulan Ramadhan, tapi bisa juga dibaca saat melihat bulan baru pada bulan selain Ramadhan.

?????????? ????????? ????????? ?????????? ????????????? ????????????? ?????????????? ?????? ????????? ???????

Allahumma ahillahu 'alaina bil amni, wal imani, was salamati, wal islami. Rabbi wa rabbukallahu

Artinya: "Rasulullah SAW apabila melihat hilal, beliau berdoa, 'Ya Allah, hilalkanlah ia atas kami dengan nasib baik, iman, keselamatan, dan Islam. Tuhanku dan Tuhanmu Allah'

Doa Dipertemukan dengan Ramadhan
Umat Islam juga bisa membaca doa agar dipertemukan dengan bulan Ramadhan. Dikutip dari buku Dakwah Kreatif karya Udji Aisyah, doa ini bisa dibaca pada bulan Rajab atau dua bulan sebelum bulan Ramadhan hingga bulan Syaban atau satu bulan sebelum bulan Ramadhan. Berikut bacaan doanya.

?????????? ??????? ????? ??? ?????? ??????????? ???????????? ?????????

Allahumma baarik lanaa fii Rajab wa Sya'ban wa ballighnaa Ramadhan

Artinya: "Ya Allah berkahilah kami di bulan Rajab dan Syaban dan pertemukanlah kami di bulan Ramadhan." (HR Ahmad)

Doa tersebut termuat dalam hadits yang diriwayatkan dari Anas bin Malik R, ia berkata bahwa Rasulullah SAW jika masuk bulan Rajab, dia berkata: "Allahumma baarik lanaa fii Rajab wa Sya'ban wa ballighnaa Ramadhan." (Ya Allah berkahilah kami di bulan Rajab dan Syaban dan pertemukanlah kami di bulan Ramadhan)." (HR Ahmad). (Net/Hen)

 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar