Wajib Dilaksanakan

Puasa Ramadhan Penting Dipahami, Syarat Wajib dan Hal-hal yang Membatalkannya

Ilustrasi puasa Ramadhan

JAKARTA--(KIBLATRIAU.COM)--  Pengertian puasa Ramadhan penting dipahami kaum muslimin. Terlebih, kewajiban ini termasuk ke dalam rukun Islam ketiga setelah mengucapkan dua kalimat syahadat dan salat.Tahun ini, puasa Ramadhan diprediksi bertepatan dengan 11 atau 12 Maret 2024. Kewajiban puasa tercantum dalam sejumlah dalil, salah satunya surah Al Baqarah ayat 183:??????????? ?????????? ????????? ?????? ?????????? ?????????? ????? ?????? ????? ?????????? ???? ?????????? ??????????? ???????????? ???

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa."

Menukil buku Risalah Puasa oleh Sultan Abdillah, puasa berasal dari bahasa Arab yaitu shiyam yang artinya menahan. Secara syariat, puasa dimaknai sebagai ibadah kepada Allah SWT dengan menahan makan dan minum serta hal-hal yang membatalkannya, dimulai dari terbit matahari sampai terbenamnya fajar.Puasa sebenarnya terdiri dari dua jenis, yaitu wajib dan sunnah. Puasa Ramadhan tergolong sebagai puasa wajib. Penamaan puasa Ramadhan karena dilaksanakan pada sebulan penuh ketika bulan Ramadhan.Mengutip buku Puasa Bukan Hanya Saat Ramadhan karya Ahmad Sarwat Lc MA, berikut sejumlah syarat wajib puasa Ramadhan yang harus dipahami umat Islam.

Beragama Islam
Baligh
Berakal
Sehat
Mampu
Tidak dalam perjalanan
Suci dari haid dan nifas

Dalam berpuasa, ada sejumlah hal yang harus dihindari agar puasa yang dijalani tidak batal. Apa saja? Berikut hal-hal yang membatalkan puasa seperti dikutip dari buku Memantaskan Diri Menyambut Bulan Ramadhan tulisan Abu Maryam Kautsar Amru.

1. Makan dan Minum
Makan dan minum secara disengaja termasuk ke dalam hal yang membatalkan puasa. Ketentuan mengenai ini dijelaskan dalam surah Al Baqarah ayat 187.

????????? ???????????? ?????? ??????????? ??????? ?????????? ??????????? ???? ?????????? ??????????? ???? ?????????? ????? ????????? ?????????? ????? ?????????

Artinya: "Dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam."

2. Muntah dengan Sengaja
Ketika seorang muslim sengaja memuntahkan sesuatu, maka puasanya tergolong batal. Hal ini diterangkan dalam hadits dari Abu Hurairah RA,

"Barang siapa yang muntah menguasainya (muntah tidak sengaja) sedangkan dia dalam keadaan puasa, maka tidak ada qadha' baginya. Namun apabila dia muntah (dengan sengaja), maka wajib baginya membayar qadha'." (HR Abu Daud, Ibnu Majah, dan Tirmidzi)

3. Haid atau Nifas
Bagi wanita, apabila tiba-tiba mendapat haid atau nifas ketika tengah berpuasa, maka puasanya akan batal dan ia wajib menggantinya di kemudian hari (selain pada bulan Ramadhan).

4. Mengeluarkan Mani
Baik laki-laki maupun perempuan ketika ia mencium pasangan, mendekap, memeluk dengan tangan atau lainnya, perbuatan semacam ini mamapu membatalkan puasa dan mengharuskan pelaku untuk mengqadha puasanya.

5. Murtad
Orang yang murtad atau keluar dari Islam, maka seluruh amalannya akan terhapus termasuk pula puasa Ramadhan. Ketentuan ini tercantum dalam Al-Qur'an surah Al Maidah ayat 5. Allah SWT berfirman,

?????? ????????? ?????????????? ?????? ?????? ???????? ??????? ??? ??????????? ???? ?????????????

Artinya: "Siapa yang kufur setelah beriman, maka sungguh sia-sia amalnya dan di akhirat dia termasuk orang-orang yang rugi."Itulah pembahasan mengenai puasa Ramadhan dan informasi terkaitnya. Semoga bermanfaat.(Net/Hen)
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar