Konsistensi Jadi Bukti

Pemain Lokal BRI Liga 1 yang Dipanggil Timnas Indonesia Hadapi Vietnam, Inilah Nama-namanya

Wahyu Prasetyo - PSIS Semarang, Rizky Ridho - Persija Jakarta

Bola.com--(KIBLATRIAU.COM)-- Nama-nama pemain lokal yang beredar di BRI Liga 1 2023/2024 masih tetap menjadi pilihan utama Shin Tae-yong saat Timnas Indonesia menantang Vietnam pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.Sebagian besar pemain yang mendapatkan panggilan Timnas Indonesia ini juga merupakan alumnus Piala Asia 2023. Ada segelintir pemain tambahan yang kembali dipanggil Shin Tae-yong jelang laga kontra Vietnam.Tercatat, ada 15 pemain lokal asal BRI Liga 1 yang muncul dalam daftar panggilan kali ini. Dua nama di antaranya tak sempat memperkuat skuad Garuda di Piala Asia 2023 karena alasan yang berbeda.Nama-nama pemain ini akan berkolaborasi dengan deretan amunisi naturalisasi maupun pemain Timnas Indonesia yang sedang berkarier di luar negeri. Berikut Bola.com menyajikan ulasannya.

Tiga nama kiper yang mendapatkan panggilan menghadirkan kejutan tersendiri. Pasalnya, tidak ada sosok Ernando Ari yang menjadi andalan utama di Piala Asia 2023. Kiper asal Persebaya Surabaya ini memang harus absen karena cedera.Sebagai gantinya, Shin Tae-yong memanggil Adi Satryo (PSIS Semarang), untuk melengkapi dua kiper lainnya, Nadeo Argawinata (Borneo FC) dan Muhammad Riyandi (Persis Solo). Nadeo Argawinata memang jadi kiper yang paling berpengalaman.Sebab, dia menjadi kiper dengan jumlah cleansheet tertinggi. Musim ini, Nadeo sudah mengukir 12 nirbobol. Dia juga menjadi kiper lokal dengan jumlah saves tertinggi musim ini, yakni dengan 92 kali penyelamatan.Munculnya nama Adi Satryo juga menarik. Kiper andalan PSIS ini sudah menghasilkan 72 saves dan menjadi kiper lokal terbanyak kedua. Sementara itu, Muhammad Riyandi sebetulnya masih berjuang menemukan performa terbaiknya bersama Persis Solo.

Di pos pertahanan, nama-nama pemain yang dipilih Shin Tae-yong sebagian besar berasal dari klub luar negeri. Hanya ada tiga pemain lokal yang mendapatkan panggilan untuk FIFA Matchday kali ini.Mereka adalah Rizky Ridho, Wahyu Prasetyo, dan Edo Febriansyah. Ketiganya sudah sempat dipanggil ketika Timnas Indonesia menghadapi Piala Asia 2023. Khusus dua nama bek tengah di atas, mereka tampil cukup konsisten bersama klubnya masing-masing.Rizky Ridho dan Wahyu Prasetyo selalu jadi pilihan utama di Persija Jakarta dan PSIS Semarang. Sementara itu, Edo Febriansyah sebetulnya masih berjuang untuk memperebutkan tempat utama di skuad Persib Bandung.Dari ketiga nama ini, tampaknya hanya Rizky Ridho yang bakal menjadi pilihan Shin Tae-yong pada laga melawan Vietnam nanti. Wahyu dan Edo diprediksi kesulitan bersaing dengan para pemain abroad.

Hanya ada dua pemain dari BRI Liga 1 2023/2024 yang dipanggil pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia ini. Mereka adalah Marc Klok (Persib Bandung) dan Ricky Kambuaya (Dewa United).Performa Klok bersama Maung Bandung musim ini memang cukup memuaskan. Pemain kelahiran Belanda itu selalu menjadi pilihan utama di lini tengah dan sudah mengukir empat gol dan delapan assist.Konsistensi serupa juga dicatatkan Ricky Kambuaya bersama Dewa United. Meskipun kontribusinya tak sebanyak Klok, tetapi pemain asal Sorong ini selalu jadi opsi terbaik Jan Olde Riekerink di sektor tengah.

Nama-nama pemain di sektor sayap memang lebih didominasi amunisi lokal. Kali ini, dua winger kembar milik PSM Makassar, Yakob Sayuri dan Yance Sayuri, bakal kembali berangkat bersama ke Timnas Indonesia.Mereka bakal menjadi alternatif yang baik bagi Shin Tae-yong. Sebab, kedua nama ini punya karakter multi-posisi, sehingga bisa ditempatkan di sejumlah posisi, baik bek sayap, gelandang sayap, hingga sayap.Nama lainnya yang masih menjadi andalan Shin Tae-yong yakni Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman. Keduanya sebetulnya masih belum memiliki performa yang menggigit bersama klubnya masing-masing.Dari delapan laga di putaran kedua bersama Bhayangkara FC, Witan baru menghasilkan satu gol dan satu assist. Sementara itu, Egy baru menyumbang satu assist sepulang dari Piala Asia 2023.

Dari tiga nama striker lokal yang dipanggil Shin Tae-yong, Ramadhan Sananta memang menjadi sosok yang paling tajam di BRI Liga 1. Sebab, dia sudah mencetak delapan gol untuk Persis Solo musim ini.Sementara itu, Hokky Caraka sudah mulai bermain reguler bersama PSS Sleman. Dia kerap bermain sebagai starter dan mengukir penampilan penuh selama 2x45 menit. Sejauh ini, Hokky sudah menyumbang empat gol dan dua assist.Berikutnya, Dimas Drajad mulai menemukan performa terbaiknya bersama Persikabo 1973. Dari empat laga terakhir, penyerang asal Gresik ini sudah mengepak empat gol. Catatan ini turut mengakhiri paceklik gol Dimas yang berlangsung selama 16 laga musim ini.(Net/Hen)
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar