Sampaikan Santapan Rohani Ramadhan

Keutamaan Membaca Alquran, Begini Penjelasan Ustadz Zamzami

Ustadz Zamzami saat sampaikan santapan rohani ramadhan malam ke empat di Masjid Nurul Muhsinin, Kamis (14/3/2024)

 Laporan : Hendri Zainuddin

Pekanbaru


 WAKTU terus berlalu. Tak terasa puasa Ramadhan 1445 H  sudah masuk malam yang  ke empat. Antusias para jamaah yang datang untuk melaksanakan salat isya dan tarawih di Masjid Nurul Muhsinin yang berada di Jalan Ikan Mas, Kelurahan Tangkerang Barat, Kecamatan Marpoyan Damai masih tinggi, Kamis (14/3/2024).

Adapun ustadz yang menyampaikan tausiah santapan rohani ramadhan pada malam yang ke empat ini ustadz H Drs Zamzami Burhan MSi.Dimana tausiah yang disampaikan itu sesuai dari  IKMI Pekanbaru dengan judul tentang  keutamaan orang yang yang menjadikan alquran sebagai pedoman dan petunjuk dalam kehidupan sehari-hari.

Disampaikan ustadz Zamzami, bahwa bulan ramadhan ini merupakan bulan ampunan serta bulan yang sangat mulia. Dimana pada bulan ramadhan ini juga Allah SWT menurunkan alquran kepada Nabi Muhammad SAW melalui  malaikat Jibril. "Alquran merupakan kalam dari Allah SWT kepada hambanya. Oleh sebsb itu, di momen bulan ramadhan ini banyakkah membaca alquran, karena alquran ini merupakan pedoman hidup untuk manusia. Terlebih lagi, sangat banyak keutamaan bagi kita yang senang membaca alquran," ujar Zamzami.

Dijelaskan Zamzami,  bulan suci ramadhan menjadi bulan yang sangat istimewa dan penuh dengan keberkahan. Di bulan ini segala ibadah yang dilakukan akan dilipat gandakan oleh Allah SWT. Itu mengapa sudah sepatutnya kita umat muslim beribadah sebanyak-banyaknya di bulan yang suci ini. 

Selain puasa dan tarawih, ada amalan lainnya yang dapat umat muslim lakukan di bulan ramadhan salah satunya yaitu membaca Alquran. Membaca Alquran di hari biasa saja akan diberikan pahala oleh Allah SWT, apalagi jika dilakukan di bulan suci ramadhan.

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda sebagai berikut: "Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Al-Quran maka ia akan mendapat satu kebaikan dan dari satu kebaikan itu berlipat menjadi sepuluh kebaikan. Aku tidak mengatakan alif lam mim sebagai satu huruf. Akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf." (HR. Bukhari).

Selain itu, masih ada keutamaan lain yang akan Anda dapatkan jika melakukan tadarus Alquran di bulan ramadhan antara lain.

1. Mendapatkan Pahala yang Berlipat Ganda

Keutamaan membaca Alquran di bulan ramadhan yang pertama ialah akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Jika membaca satu huruf dalam Al Quran di hari biasa saja akan mendapatkan satu kebaikan yang akan berlipat lagi menjadi sepuluh kebaikan makan ini akan berlipat lagi jika dilakukan di Ramadhan. Dengan demikian, benar adanya jika bulan ramadhan adalah bulan yang amat mulia.

2. Menenangkan Hati

Keutamaan membaca Alquran selanjutnya ialah dapat memenangkan hati. Pasalnya dengan membaca Alquran kita akan selalu mengingat Allah SWT dan dengan begitu hati akan menjadi tentram. Sesuai dengan firman Allah SWT yang dinyatakan jelas dalam surat Ara-rad pada ayat 28:

"Orang orang yang beriman akan memiliki hati yang tenang dan tenteram jika selalu ingat kepada Allah SWT, maka ingatlah karena hanya dengan mengingat Allah lah, hatimu menjadi tenteram."

3. Meningkatkan Keimanan

Semakin rajin kita membaca Alquran, maka semakin dekat dengan Allah SWT. Semakin jiwa kita juga akan tersadarkan dengan keajaiban Al Quran. Ketakjuban inilah yang dapat menambah keimanan kepada Allah SWT.

4. Akan Diberi Kemudahan di Hari Kiamat

Keutamaan selanjutnya ialah kita akan dimudahkan untuk menghadap Allah SWT kelak di hari kiamat nanti. Hal ini karena siapapun yang membaca Alquran akan mendapatkan pertolongan di hari kiamat nanti. Rasulullah SAW akan memberikan syafaat bagi hamba-Nya yang senantiasa memperbanyak membaca Alquran khususnya di bulan Ramadhan. 

5. Diangkat Derajatnya oleh Allah SWT

Keutamaan dari membaca Alquran di bulan Ramadhan akan diangkat derajatnya oleh Allah SWT. Apalagi jika orang tersebut ikut mengamalkan ayat-ayat di Alqur’an dalam kehidupan sehari-hari. Itu mengapa alangkah baiknya kita mengerjakan amalan tersebut.

6. Selalu Dirindukan Surga

Selain itu, keutamaan membaca alquran akan dirindukan oleh surga. Karena, selalu  mengucapkan kalam dari Allah SWT. Oleh sebab itu, perbanyaklah membaca aquran, sehingga nanti akan diberikan keberkahan dan keridoan oleh Allah SWT. ***

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar