Ungkapan Rasa Cita kepada Nabi Muhammad

Sholawat Nariyah Lengkap, Bacaan, Sejarah dan Keutamaannya

Ilustrasi muslim sedang Sholawat Nariyah

JAKARTA--(KIBLATRIAU.COM)-- Sholawat Nariyah adalah salah satu jenis sholawat yang dikenal umat Islam, khususnya di Indonesia. Sholawat ini merupakan sebuah ungkapan rasa cinta, penghormatan, dan doa yang ditujukan kepada Nabi Muhammad SAW.Dalam melantunkan Sholawat Nariyah, umat Islam tidak hanya mengungkapkan kecintaan mereka kepada Nabi. Tetapi juga memohon berkah dan perlindungan dari Allah SWT.Mengutip buku Rahasia Dahsyat Sholawat Keajaiban Lafadz Rasulullah SAW karya Ustadz M, Kamaluddin, Sholawat Nariyah merupakan bacaan sholawat yang disusun oleh Syekh Nariyah. Beliau menyusun sholawat ini karena melihat bagaimana Nabi Muhammad SAW menyebarkan dan menyampaikan wahyu yang diterima dari Allah SWT.

Berikut ini adalah bacaan sholawat Nariyah, lengkap dengan tulisan arab, tulisan latin, dan artinya.

??????????? ????? ??????? ????????? ????????? ???????? ??????? ????? ?????????? ??????????? ????????? ????????? ???? ????????? ???????????? ???? ????????? ????????? ???? ???????????? ????????? ???? ???????????? ???????? ???????????? ????????????? ?????????? ?????????? ??????????? ??????? ?????? ?????????? ???? ????? ???????? ?? ?????? ???????? ????? ?????????? ????

Allahumma sholli sholatan kamilatan wa sallim salaman tamman `ala sayyidina Mu?ammadinil-ladzi tan?allu bihil-`uqadu wa tanfariju bihil-kurabu wa tuqdla bihil-hawaiju wa tunalu bihir-ragha'ibu wa ?usnul-khawatimi wa yustasqal-ghamamu biwajhihil-karimi wa `ala alihi wa shahbihi fi kulli lamhatin wa nafasin bi`adadi kulli ma`lumilak(a).

Artinya: "Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujanpun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan napas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau".

Syekh Nariyah hidup pada masa Nabi Muhammad. Beliau merupakan salah satu sahabat Nabi yang sangat memperdalam pengetahuan tentang keesaan Allah.Syekh Nariyah selalu berdoa kepada Allah untuk keselamatan dan kebahagiaan Nabi. Doa-doanya kemudian menjadi dasar dari Sholawat Nariyah.Dikisahkan bahwa Syekh Nariyah mendapat Karomah dari Allah SWT. Pada suatu malam, beliau mengulang sholawatnya sebanyak 4.444 kali.Suatu saat, di hadapan Rasulullah, beliau memohon agar diberikan tempat di surga bersama Nabi, permintaan yang dikabulkan oleh Nabi. Salah seorang sahabat yang mengetahui hal tersebut merasa iri dan meminta agar juga didoakan hal yang sama seperti Syekh Nariyah."

Secara umum, keutaman bersholawat kepada Nabi Muhammad tertuang dalam sebuah riwayat hadits. Rasulullah SAW bersabda:

???? ?????? ??????? ????????? ?????? ??????? ???????? ???????

Artinya, "Siapa saja yang bersholawat kepadaku sekali, niscaya Allah bersholawat kepadanya sepuluh kali," (HR Muslim).Dilansir dari buku Kumpulan Shalawat Nabi Super Lengkap karya Ibnu Watiniyah, berikut ini adalah keistimewaan atau keutamaan membaca sholawat nariyah:(Net/Hen)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar