Sampaikan Santapan Rohani Ramadhan

Tiga Ciri Orang Doanya tak Diijabah oleh Allah SWT, Simak Penjelasan Ustadz Sefrizal

Ustadz Sefrizal SAg saat menyampaikan santapan rohani ramadhqn di Masjid Nurul Muhsinin malam kedua belas, Jumat (22/3/2024)

    
Laporan : Hendri Zainuddin
Pekanbaru
 


   PADA malam  yang  kedua belas ramadhan 1445 H ini, tepatnya Jumat (23/3/2024), ustadz yang menyampaikan santapan rohani ramadhan di Masjid Nurul Muhsinin yang berada di Jalan Ikan Mas, Kelurahan Tangkerang Barat, Kecamatan Marpoyan Damai, yakni ustadz Sefrizal SAg.

Pertama-tama ustadz Sefrizal mengucapkan puji dan syukur atas kehadirat Allah SWT, dimana kita telah diberikan nikmat iman dan islam, sehingga kita dapat bersama-sama melakukan salat isya dan dilanjutkan dengan sholat taraweh.

Selanjutnya , tak lupa pula ustadz Sefrizal menyampaikan salawat atas Nabi Muhammad SWT. Karena dengan banyak kita membaca salawat nanti akan diberikan safaat di yaumil kelak. Dalam santapan rohani ramadhan ini , ustadz Sefrizal membahas terkait tiga ciri manusia atau orang yang doanya tidak diijabah oleh Allah SWT. Disampaikqn ustadz Sefrizal bahwa setiap orang diperbolehkan untuk berdoa kepada Allah SWT agar niat dan keinginan bisa terkabulkan.

Namun, ada juga setiap orang yang doanya tak akan dikabulkan. Adapun orang yang doanya tak diijabahkan oleh Allah SWT itu antara lain,  orang yang durhaka dan melawan kepada orang tuanya. "Meskipun kita (anak red) jadi orang kaya janganlah sombong dengan orangtua. Karena, bagaimanapun jasa orangtua tak akan terbalas. Maka dari itu, sayangi dan hormati orangtua. Harta bisa dicari dan ilmu bisa dikejar, tapi kalau kita durhaka kepada orangtua maka hilanglah keberkahan di bumi ini. Terlebih lagi, orangtua merupakan jalan menuju ke surga. 

Oleh karena itu, jika orangtua kita masih hidup, hormati dan sayangi mereka. Tetapi, jika orangtua kita sudah meninggal, marilah kita berdoa dan bersedekah untuk orangtua kita, sehingga akan diberikan keberkahan oleh Allah SWT," ujar ustadz Sefrizal.

Dipaparkan ustadz Sefrizal, selain doa orang yang tak dikabulkan adalah orang yang memutuskan silatirahmi baik dengan keluarga maupun dengan tetangga di sekitar rumah.Dimana hubungan silarurahmi sangat penting. Terlebih lagi, kata ustadz Sefrizal jika hubungan silaturahmi dengan kakak dan adik, dimana hubungan ini harus terjalin dengan baik."Makanya jika antara kakak dan adik tak bertegur sapa setelah adanya beberapa sebab,hal itu tidak baik. Dengan begitu, jika ia berdoa kepada Allah SWT, maka tidak akan diijabah oleh  Allah SWT. Sebab orang yang memutuskan tali silaturahmi tidak baik dan dilarang dalam agama islam," sebut ustadz Sefrizal.

Tambah ustadz Sefrizal poin yang ketiga  orang yang doanya tak diijabah oleh Allah SWT adalah jarang mengingat kematian. Disampaikan ustadz Sefrizal bahwa orang yang cerdas dan pintar bukan orang yang hebat dan punya banyak harta. Tetapi, orang yang pintar dan hebat orang yang setiap hari mengingat kematian.

"Zaman sekarang orang banyak terlena dan sibuk dengan dunia. Padahal,  kita akan mati dan dunia ini akan hancur. Oleh sebab itu, maka jika kita tidak mengingat mati, tentu doa kita tak dikabulkan oleh Allah SWT. Dengan begitu, perbanyaklah ,mengingat mati dan beribadah kepada Allah SWT," tutur ustadz Sefrizal.

Pada kesempatan ini, ustadz Sefrizal menyampaikan bahwa di momen bulan ramadhan ini  melakukan amal ibadah dan meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT.

"Oleh sebab itu, jangan sia-siakan di bulan ramadhan ini. Perbanyaklah melaksanakan dan tingkatkan amal ibadah. Jangan kita kendor melakukan amal sholeh. Semoga ramadhan tahun ini menjadi yang terbaik.

Selain itu, di dalam bulan ramadhan ini ada satu malam yaitu malam lailatur qadar yang sama dengan seribu bulan. Makanya kita tetap fokus dalam beramal sholeh, sehingga kita bisa menjadi insan yang bertaqwa," tutur ustadz Sefrizal. ***


 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar