Sampaikan Tausiah Subuh di Mesjid Nurul Muhsinin

Tiga Kewajiban Terhadap Alquran, Inilah Paparan Ustadz Syamsurijal

ustadz Syamsurijal S.Ag saat menyampaikan tausiah subuh di Mesjid Nurul Muhsinin, Ahad (31/3/2024)

Laporan : Hendri Zainuddin

Pekanbaru

 


         USAI salat berjamah subuh, tepatnya hari yang ke dua puluh bulan ramadhan 1445 H, ustadz yang menyampaikan tausiah di Mesjid Nurul Muhsinin yang berada di Jalan Ikan Mas, Kelurahan Tangkerang Barat, Kecamatan Marpoyan Damai yakni ustadz Syamsurijal S.Ag, Ahad (31/3/2024). Sebelum menyampaikan tausiah subuh, ustadz Syamsurijal S.Ag pertama-tama mengucapkan puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan umur panjang dan kesehatan sehingga bisa bersama-sama datang ke mesjid ini untuk melakukan perintah Allah SWT. 

Selain itu, ustadz Syamsurijal S.Ag tak lupa pula bersalawat atas Nabi Muhammad SAW, karena dengan banyak kita bersalawat maka akan diberikan safaat di yaumil akhir kelak. Amin ya rabbal alamin. Dalam paparannya, ustadz Syamsurijal S.Ag menjelaskan bahwa memang mengerjakan salat subuh ini dan datang ke mesjid sangat berat dan hanya orang yang beriman yang taat dan patuh kepada Allah SWT.

''Memang salat subuh ini berat dilakukan. Tapi, jangan salah sangat banyak pahala jika kita melakukan salat subuh, karena sama dengan salat seluruh malam. Kemudian salat isya juga terasa berat, karena manusia sering lalai dan sibuk dengan urusan dunia. Selain itu, salat subuh dan isya fungsinya bisa menghilangkan kita dari sifat kemunafikan,'' ujar ustadz  Syamsurijal S.Ag yang dikenal dengan mimik lucunya, sehingga membuat jemaah tertawa terkeh-keheh mendengar tausiahnya.

Pada kesempatan ini Syamsurijal S.Ag menerangkan tentang kewajiban setiap muslim terhadap alquran. Dimana kata ustadz  Syamsurijal S.Ag, bahwa alquran merupakan kalam Allah SWT yang merupakan mukjizat yang diturunkan (diwahyukan) kepada Nabi Muhammad SAW dan ditulis di mushaf dan diriwayatkan dengan mutawatir serta membacanya adalah ibadah. ''Alquran diturunkan pertama kali kepada Nabi Muhammad SAW di goa Hira. Selain itu, alquran dibawa oleh malaikat Jibril dan diberikan di tempat yang mulia dan di malam yang mulia yakni di bulan ramadhan. Jadi, alquran ini diturunkan oleh Allah SWT ke bumi ini sebagai petunjuk manusia dalam kehidupan sehari-hari,'' ujar ustadz Syamsurijal S.Ag.

Tambah ustadz Syamsurijal S.Ag oleh sebab itu kewajiban umat muslim supaya selalu membaca alquran. ''Momen bulan ramadhan ini sangat baik membaca alquran. Kemudian setelah dibaca lalu dipelajari dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, alquran mempunyai banyak keutamaan. Salah satunya alquran sebagai obat. Hal ini juga  merujuk sejumlah ayat alquran yang memuat kata syifa yang dalam bahasa berarti obat. Oleh sebab itu, selalu dan bersamalah dengan alquran, hati akan tenang dan  hidup akan nyaman,'' tutur ustadz Syamsurijal. ***


Berita Lainnya...

Tulis Komentar