Sampaikan Santapan Rohani Ramadhan

Bahaya Perbuatan Dosa, Inilah kata Ustadz Khairul Lc

Ustadz Khairul Lc sampaikan santapan rohani ramadhan, Ahad (31/3/2024)

Laporan : Hendri Zainuddin
Pekanbaru


      MEMASUKI malam yang ke dua puluh satu puasa ramadhan 1445 H, tepatnnya  Ahad (31/3/2024) ustadz yang menyampaikan santapan rohani ramadhan di Mesjid Nurul Muhsinin yang berada di Jalan Ikan Mas, Kelurahan Tangkerang Barat, Kecamatan Marpoyan Damai yakni ustadz  Khairul Lc. Sebelum menyampaikan santapan rohani ramadhan, ustadz Khairul Lc pertama-tama mengucaplqn puji syukur atas kehadirat Allah SWT, dimana  pada malam hari ini kita semua dinerikan kesehataan, umur yang panjang sehingga bisa melakukan salat isya berjamaah serta salat tarawih dan witir. 

Selanjutnya tak lupa pula ustadz Khairul mengucapkan salam dengan banyak bersalawat kepada Nabi Muhammad SAW, karena dengan banyak bersalawat akan diberikan pertolongan dan safaat di yaumil akhir kelak.

Dalam santapan rohani ramadhan ini, sesuai dengan tema yang telah ditetapkan oleh IKMI Pekanbaru bahwa judulnya bahaya perbuatan dosa. Sebelum membahasnya secara rinci dan detail, maka perlu diketahui juga apa makna dari dosa. Lawan dari dosa adalah pahala. Makna pahala selalu mengerjakan amal soleh dan melakukan perintah dari Allah SWT.

Disampaikan ustadz Khairul Lc bahwa dosa  sebagai suatu perbuatan atau tindakan yang dianggap melanggar norma, aturan, atau nilai-nilai moral yang berlaku dalam suatu agama, keyakinan, atau masyarakat tertentu. Konsep dosa seringkali terkait erat dengan konsep kebaikan dan kejahatan dalam suatu agama atau sistem moral.

"Selain itu, dosa juga disebutkan dengan maksiat ini meerupakan perbuatan melawan perintah Allah SWT. Sebagai umat Islam, penting bagi kita untuk menghindari segala sesuatu yang berhubungan dengan maksiat.
Perbuatan maksiat membahayakan kehidupan seseorang, baik di dunia maupun akhirat, " ujar ustadz Khairul.

Diterangkan ustadz Khairul bahwa perbuatan dosa banyak menyebabkan bahaya bagi yang melakukannya. Sementara itu ada beberapa poin penting yang sangat berbahaya jika seseorang melakukan dosa. Bahaya melakukan dosa seperti dalam hati tidak tenang, ada kekhatiran dalam diri. Selanjutnya kata ustadz Khairul bahaya melakukan dosa diberikan bencana oleh Allah SWT serta mendapatkan kesulitan baik di dunia maupi  di akherat kelak.

"Setiap manusia berdosa. Siapa manusia yang tak berdosa di dunia ini. Namun, jika berbuat dosa maka cepatlah minta ampun kepada Allah SWT untuk bertobat. Semoga dosa yang kita lakukan diampuni oleh Allah SWT," ujar ustadz.

Sambung ustadz Khairul  bahwa bahaya melakukan perbuatan dosa juga ada disampaikan dalam ayat alquran. Karena sangat dasyat hukuman yang diakan diterima okeh seseorang yang berbuat dosa. "Siapa yang melakukan dosa dia sendiri yang tahu. Kalau banyak dilakukan, maka titik hitamnya semakin banyak. Oleh sebab itu, bila ingin dosa kita diampuni segera mekakukan amal soleh. 

Selain itu, dengan momen bulan ramadhan ini sangat baik untuk kita meminta ampun kepada Allah SWT atas segala dosa yang kita lakukan.   Mudah-mudahan dosa yang pernah kita lakukan di dunia diampuni oleh Allah SWT, " sebut ustadz Khairul. ***

 

 

 

 

 

 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar