Hari yang ke Dua Puluh Lima Ramadhan 1445 H

Sampaikan Tausiah Subuh, Inilah Penjelasan Lengkap Ustadz Doni Putra

Ustadz Doni Putra Lc Mhum saat sampaikan tausiah subuh di Mesjid Nurul Muhsini, Jumat (5/4/2024)

Laporan:  Hendri Zainuddin

Pekanbaru

 

                       USTADZ yang menyampaikan tausiah subuh di hari yang ke dua puluh lima puasa ramadhan 1445 H di Mesjid Nurul Muhsinin Jalan Ikan Mas, Kelurahan Tangkerang Barat, Kecamatan Marpoyan Damai, Jumat (5/4/2024) yakni ustadz H  Doni Putra Lc Mhum. Sebelum menyampaikan tausiahnya, ustadz Doni Putra Lc Mhum mengucapkan puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kesehatan, keselamatan serta keberkahan, sehingga bisa bersama-sama duduk di majelis  ilmu. Tak pula, ustadz Doni Putra berkirim salawat kepada Nabi Muhammad SAW, karena diyakini dengan banyak bersalawat maka akan mendapatkan safaat dan pertolongan di hari penghisapan kelak. Amin ya rabbal alamin. 

Dalam tausiah subuh kali ini,  ustadz Doni Putra mengkaji tentang makna dan kandungan di dalam surat Ali Imran ayat 134. Dimana, kata ustadz Doni Putra surat Ali Imran ayat 134 ini ayat tentang karakter dan ciri-ciri orang yang bertaqwa kepada Allah SWT. ''Di dalamnya banyak petunjuk dan tuntunan hidup, termasuk ayat 134 ini. Bersama ayat 133 dan 135, juga menunjukkan ada beberapa  karakter orang yang bertaqwa,'' ujar ustadz Doni.

Dijelaskan ustadz Doni, bahwa ada beberapa poin penting dalam surat Ali Imran 134 tersebut. Diantaranya gemar berinfak, karena orang yang bertaqwa selalu berinfak baik dalam keadaan lapang dan sempit.''Inilah karakter orang bertaqwa; gemar berinfaq  baik dalam kondisi lapang maupun sempit. Berinfaq hartanya baik dalam keadaan kaya atau miskin. Saat banyak uang maupun di tengah keterbatasan,'' ujar ustadz Doni.

Kemudian lanjut Doni, bahwa orang yang bertaqwa memiliki karakter menahan amarah  atau mampu mengelola emosi. ''Marah adalah perasaan manusiawi yang diiringi naiknya tekanan darah. Selain itu, manusia tidak dapat menundukkan kemarahan ini kecuali dengan perasaan yang halus dan lembut yang bersumber dari pancaran taqwa,''  sebut ustadz Doni.

Sambung ustad Doni, karakter orang yang bertaqwa yang ketiga bisa memaafkan sesama manusia. ''Tak hanya mampu menahan marah, orang bertaqwa juga mampu memaafkan kesalahan orang lain.Jangan sampai gara-gara sepele saja antara tetangga , adik  beradik tak bertegur sapa. Ini merupakan yang tidak baik, karena sangat dimurkai oleh Allah SWT,'' ujar ustadz Doni.  

Kemudian yang keempat orang yang bertaqwa makna dalam surat Ali Imran 134 ini orang yang suka berbuat baik sesama muhisnin.''Orang mencela kita, kita tidak marah, justru memaafkannya dan menyambung silaturahim dengannya, ini adalah contoh muhsinin. Ada orang menyakiti kita, kita justru memaafkan dan menolongya saat membutuhkan,'' terang ustadz Doni.

Pada kesempatan ini, ustadz Doni juga menyampaikan kepada semua para jamaah yang hadir dalam majelis ilmi ini supata lebih peduli dan memperhatikan orang kurang mampu atau anak yatim.''Jadikanlah momen bulan ramadhan ini untuk memperhatikan  antar sesama seperti selalu peduli terhadap anak yatim. 

Bantulah dan bersedekahlah kepada mereka, karena butuh perhatian dari kita semua. Sebab orang yang selalu memuliakan dan memperhatikan  anak yatim, maka hidupnya akan diberkahi oleh Allah  SWT. Selain itu, momen bulan ramadhan yang hanya beberapa hari ini, marilah kita tingkatkan amal ibadah, sehingga kita nantinya mendapat predikat orang yang bertaqwa,'' tutur ustadz Doni. 

 

Gelar  Itikaf Bersama

PADA malam yang ke dua puluh lima puasa ramadhan pengurus Mesjid Nurul Muhsinin yang berada di Jalan Ikan Mas, Kelurahan Tangkerang Barat, Kecamatan Marpoyan Damai mengelar itikaf, Jumat (5/4/2024). Sementara itu, ustadz yang menyampaikan dalam itikaf itu ustadz Yunus  Lubis. Rangkaian dalam itikat tersebut antara lain, tausiah beberapa menit, kemudian salat tahajud delapan rakaat. Usai melaksanakan salat, lalu berdoa dan bermunajat kepada Allah SWT.

''Semoga ibadah yang kita lakukan dalam itikaf ini mendapatkan keridoaan dan keberkahan. Terlebih, malam ini sudah masuk malam yang ke dua puluh lima ramadhan. Mudah-mudahan amal ibadag dan doa yang kita sampaikan diijabah oleh Allah SWT, dan menjadikan kita sebagai orang yang bertaqwa,'' ujar ustadz Yunus.

Sambung Yunus, ia juga berharap ramadhan ini merupakan ramadhan yang terbaik di dalam hidup kita.''Initnya momen bulan ramadahan ini membuatkan kita lebih istiqomah dalam menjalan perintah Allah SWT. Karena, di dalam bulan ramadhan ini mendidik kita sebagai hamba yang selalu dekat dengan Allah SWT,'' pungkas ustadz Yunus yang dikenal dengan bacaan ayat yang selalu menyentuh hati yang mendengarnya. ***

 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar