Mantan Gubri Berikan sambut Baik dan Apresiasi

Pererat Hubungan Persaudaraan, Ratusan Warga 06 Saling Berkunjung dari Rumah ke Rumah

Ustadz Elda Rapel SH saat menyampaikan sambutan serta berdoa kepada Allah SWT dalam acara keliling kampung yang dilaksanakan, Kamis (11/4/2024)

Laporan : Hendri Zainuddin


Pekanbaru


               TRADISI berkunjung dengan berkeliling kampung dari rumah ke rumah terus dilestarikan oleh masyarakat yang ada di Rukun Warga (RW) 06, Kelurahan Tangkerang Barat, Kecamatan Marpoyan Damai.Pemadangan seperti itu dalam rangka merayakan hari kemenangan Hari Raya Idul Fitri 1445 H. Kegiatan berkunjung keliling kampung ini untuk memperat tali silaturahmi dan persaudaraan antar sesama warga baik orangtua maupun anak-anak yang bermukim di RW 06, Kelurahan Tangekrang Barat, Kecamatan Marpoyan Damai. 

Pantauan wartawan di lapangan, bahwa sebelum kegiatan berkunjung dari rumah ke rumah tersebut, warga terlebih dahulu berkumpul bersama di halaman Masjid Nurul Muhsinin Jalan Ikan Mas, Kelurahan Tangkerang Barat, Kecamatan Marpoyan Damai. Setelah warga dan datang dan ramai, maka warga yang ditaksir ratusan orang ini mulai stars pertama di rumah bapak H Dasrizal sekitar pukul 7.30 WIB , Kamis (11/4/2024).

Tampak warga berbondong-bondong berjalan dan masuk ke rumah bapak Dasrizal. Sesampai di dalam, ternyata bapak H Dasrizal yang pertama rumahnya dikunjungi ratusan warga , RW06 sudah menyediakan makanan lontong sayur, aneka kue lebaran hari raya, sehingga warga yang telah datang dengan senang hati menyantap makanan yang telah disediakan oleh tuan rumah. Bahkan, terdengar juga, kadang tawa dan senda gurau menghiasi saat warga yang sedang melahap makanan dan aneka minuman kaleng , teh dan kopi susu. 

Suasana saat itu, terlihat sangat akrab dan penuh dengan kebahgian terpancar dari warga yang memenuhi halaman rumah bahkan sampai penuh hingga kedalam rumah. Dalam kegiatan berkunjung keliling kampug ini dipandu oleh ustadz Juliaris dan didampingu juga ustadz Elda Rapel dan Sugianto. Bahkan, suasana semakin menarik dan terihat bahagia, karena anak-anak yang juga ikut hadir dalam acara itu mendapat THR dari tuan rumah, meski bukan uang THR itu yang mereka harapkan. 

Namun  acara ini merupakan salah satu momen kemeriahan dalam merayakan Idul Fitri dengan bersama-sama warga sekampung di lingkungan RW 06 dengan bermaaf-maafan. Pada kesempatan itu juga, sebelum memulai star ke rumah warga lainnya, ustadz Elda Rapel membacakan doa dan bermunajat kepada Allah SWT, atas telah diberikannya keselamatan, kesehatan dan keberkahan kepada warga  RW 06  bisa melakukan kegiatan keliling kampung ini.

Ketua Rukun Warga (RW) 06, Kelurahan Tangkerang Barat , Kecamatan Marpoyan Damai Ir Yuliyos Kahar melalui Sekretaris Elda Rapel SH bahwa kegiatan keliling kampung saling mengunjungi persatu dari rumah ke rumah warga pada hari raya Idul Fitri 1445 H yang kedua ini sudah menjadi tradisi setiap tahunnya. Selain itu, kata Elda Rapel banyak sekali manfaat dan faedahnya atas adanya kegiatan berkunjung keliling kampung dari rumah ke rumah ini. 

''Kegiatan keliling kampung ini tiap tahun kita laksanakan dan sangat  baik sekali dalam menjalin dan memupuk tali silaturahmi. antara sesama warga, sehingga hubungan semakin erat lagi dan kompak lagi di lingkungan RW 06. Selain itu, dengan adanya kegiatan seperti ini antara warga saling mengenal warga yang belum permah berjumpa. Bahkan, warga yang datang ini saling bercengkerama, sehingga suasana momen hari raya semakin akrab dan semarak,'' ujar Elda Rapel.

Sementara itu, mantan Gubri di masanya H Annas Maamun sangat menyambut baik dan apresiasi kegiatan yang telah dilakukan oleh jajaran pengurus yang ada di lingkungan RW 06, Kelurahan Tangkerang Barat, Kecamatan Marpoyan Damai. Dimana kata Annas Maamun bahwa mungkin kegiatan saling berkunjungi dari ke rumah warga ini bisa saja dilakukan hanya ada di lingkungan RW 06 saja.

''Alhamdulilah, saya sangat menyambut baik kegiatan yang telah menjadi tradisi setiap tahunya dilakukan keliling kampung dari rumah ke rumah warga. Kegiatan seperti ini, perlu terus dijaga dan dilestarikan hingga ke anak cucu kita nanti. Karena banyak sekali manfaatnya dari kegiatan ini. Dengan saling berkunjung dan saling bersalam-salaman serta meminta maaf, maka RW06 ini menjadi damai dan tenang. Selain itu, kegiatan ini juga antar warga semakin kenal dan akrab lagi kedepannya,'' harap Annas Maamun.

Namun, yang lebih menarik lagi, setelah melakukan kunjungan dari rumah  ke rumah yang ditaksir lebih kurang lima jam ini berkeling dengan jalan kaki terasa terobati. Hal itu, disebabkan, pihak panitia juga menyediakan hadiah dengan doorprize. Adapun hadainya antara lain, ada minyak goreng, kain sarung, teko serta termos air panas praktis. Bagi warga yang namanya keluar setelah dicabut merasa senang dan bahagia. meski nilai hadiahnya tak seberapa, tetapi suasana seperti ini membuat hubungan antara warga yang ada di lingkungan RW06 semakin baik dan menciptakan hubungan yang harmonis.***


Berita Lainnya...

Tulis Komentar