Tindaklanjuti Arahan Pimpinan

Tekan Kecelakaan di Lintas Timur, Satlantas Polres Pelalawan Gelar Sosialisasi 'Bung Selamat'

Satlantas Polres Pelalawan mengelar kegiatan sosialisasi Bulan Angkutan Umum Berkeselamatan (Bung Selamat), di Jalan Lintas Timur, Desa Lubuk Ogong Kecamatan Sekijang, Kabupaten Pelalawan., Rabu (22/5/2024)

PELALAWAN--(KIBLATRIAU.COM)-- Satlantas Polres Pelalawan mengelar kegiatan sosialisasi Bulan Angkutan Umum Berkeselamatan (Bung Selamat), di Jalan Lintas Timur, Desa Lubuk Ogong Kecamatan Sekijang, Kabupaten Pelalawan., Rabu (22/5/2024)

"Demi mensukseskan program Bung Selamat. Satlantas Polres Pelalawan bersama Dishub Pelalawan melaksanakan sosialisasi.Hal ini, untuk menekan angka kecelakaan lalulintas dan terciptanya Kamseltibcar Lantas di Kabupaten Pelalawan, " ungkap Kapolres Pelalawan, AKBP Suwinto SH, SIK, melalui Kasat Lantas, AKP AKP Akira Ceria, SIK, MM, Rabu (22/5/2024).

Personil Satlantas Polres Pelalawan bersama Dishub Pelalawan langsung dikerahkan ke daerah titik rawan kecelakaan dan kemacetan di jalan raya di wilayah Kabupaten Pelalawan. Setelah menindaklanjuti arahan pimpinan untuk mensukseskan program  Bung Selamat tersebut.

Dijelaskan Akira, adapun sasaran utama Bung Selamat yakni pertama soal perilaku pengemudi angkutan umum berkeselamatan, kedua bagaimana mewujudkan kendaraan angkutan umum yang berkeselamatan dan terakhir adalah bagaimana melakukan rekayasa lantas titik-titik daerah rawan laka lantas.

"Jadi kita lakukan sosialisasi kepada kendaraan angkutan umum, barang dan orang. Jadi apabila ada sudah dilakukan sosialisasi masih melakukan pelanggaran akan kita tindaktegas bersama dengan pihak Dishub," tegas Akira.

Dijelaskan Akira, seiring dengan itu, Satlantas Polres Pelalawan gencar melakukan sosialisasi program 'Bung Selamat' di beberapa titik di sepanjang Jalan Lintas Timur, Kabupaten Pelalawan. Demi mewujud program utama Ditlantas Polda Riau untuk meningkatkan kesadaran masyarakat demi terciptanya Kamseltibcar lantas yang berkesinambungan diseluruh Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau

“Harapan kita melalui kegiatan ini, dapat menciptakan dan meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya pengemudi angkutan umum dan barang untuk tertib berlalu lintas. Serta lebih peduli akan keselamatan di jalan raya," tutur mantan Kasat Lantas Polresta Dumai tersebut.

Oleh Karena itu diharapkan melalui masyarakat yang faham dan mengerti tata tertib berlalu lintas yang benar, Provinsi Riau khususnya Kabupaten Pelalawan akan mampu menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas serta fatalitas korban kecelakaan di jalan raya.

“Kegiatan serupa akan terus dilaksanakan setiap harinya dengan berbagai inovasi lainnya. Seperti pembinaan dan edukasi para pengemudi angkutan umum, penindakan hukum kendaraan angkutan umum, cek kendaraan tentang laik jalan, penindakan over dimension over load (odol) hingga pengecekan kesehatan para pengemudi angkutan umum dengan turut menggandeng instansi terkait lainnya," pungkas Akira. (Sa)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar