Bentuk Dukungan Penuh

Ketua Dekranasda Kampar Kunjungi Pengrajin Rumah Batik Balisa

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Kampar Ricana Djayanti Hambali mengunjungi salah satu pengrajin kayu Aqila di Desa Kampung Godang dan Rumah Batik Balisa Salo, Rabu (22/05/2024 ).

SALO--(KIBLATRIAU.COM)- Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Kampar Ricana Djayanti Hambali mengunjungi salah satu pengrajin kayu Aqila di Desa Kampung Godang dan Rumah Batik Balisa Salo, Rabu (22/05/2024 ).

Didampingi oleh Agusni Mariani  SH,MH Kabid PPIKM Dinas Disperinaker Kabupaten Kampar yang mewakili Plt.Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja sekaligus Ketua Harian Bapak Sasminedi,SKM,MSi, Edison dan pengurus Dekranasda lainnya.

Usai kunjungan Ricana Djayanti Hambali saat diwawancarai mengatakan, bahwa kunjungan ini dilakukan sebagai bentuk dukungan penuh serta pembinaan kepada pengrajin guna meningkatkan kualitas sumber daya dalam mengembangkan produk yang mereka hasilkan seperti produk yang dihasilkan Haris sebagai pengrajin kayu.

"Ini sebagai bentuk dukungan kita untuk memberikan semangat, perhatian serta berdiskusi kepada pengrajin kita. Sehinga  kita bisa memberikan saran atau pembinaan agar usaha yang  mereka lakukan berkembang serta dapat bekerjasama dengan OPD terkait dan Pemerintah Kabupaten Kampar," ujarnya.

Selain itu, Ricana mengatakan bahwa potensi produk kerajinan seni di Kabupaten Kampar cukup beragam jenisnya, seperti kerajinan kayu yang bisa dikembangkan, hanya saja belum terekspos dengan baik.

“Pengrajin masih kesulitan dalam hal promosi dan pemasaran, bisa mencari guru agar bisa meningkatkan mutu produk yang dihasilkan. Disinilah peran Deskranasda bersama pemerintah daerah untuk ikut serta membantu kesulitan mereka," tambah Ricana

Ricana juga menyampaikan kepada semua rumah batik di Kabupaten Kampar agar mulai membuat katalog motif yang pernah di produksi dan juga dan jika sudah menjadikan suatu motif itu untuk seragam-seragam maka jangan dijual kepada orang/lembaga lain.

"Saya juga berharap harus berani memulai memproduksi batik tulis lagi karena bagaimanapun batik tulis tidak ada yang serupa. Sedangkan untuk produksi Batik Cap, harus lebih ditajamkan lagi baik bentuk motifnya maupun pewarnaannya dan juga perpaduan warna harus lebih diperhatikan," tuturnya.

Saat mengunjungi Gallery Dekranas, Ricana mengatakan Galeri Dekranasda ini harus banyak menstok display dari kerajinan kerajinan Kabupaten Kampar baik itu kerajinan sandang,agro dan kerajinan/produk IKM lainnya,karena salah satu fungsi  Galeri Dekranasda /produk IKM ini adalah wadah untuk mempromosikan.***


Berita Lainnya...

Tulis Komentar