Jaga Integritas dalam Bertugas

Ketua Bawaslu Pelalawan Lantik 36 Anggota Panwascam

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pelalawan, Andrizal Tambusai, SSos melantik sebanyak 36 Anggota Panwaslu Kecamatan (Panwascam) , Sabtu (25/5/2024)

PELALAWAN--(KIBLATRIAU.COM)--Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pelalawan, Andrizal Tambusai, SSos melantik sebanyak 36 Anggota Panwaslu Kecamatan (Panwascam) se Kabupaten Pelalawan di auditorium kantor Bupati Pelalawan, Sabtu (25/5/2024)

"36 anggota Panwaslu Kecamatan yang terpilih telah dilantik. Semoga dapat mengemban tugas pengawasan ke depan dengan amanah, jujur, adil dan berjalan dengan lancar sesuai dengan aturan, peraturan dan regulasi yang berlaku,? ungkapnya Ketua Bawaslu Pelalawan dalam sambutannya.

Lanjut Andrizal bahwa sebelumnya Bawaslu Pelalawan telah melaksanakan seleksi calon anggota Panwaslu Kecamatan yang dilakukan melalui dua metode yaitu Existing dan seleksi untuk penambahan melalui pembukaan pendaftaran.

Untuk itu ditegaskan Ketua Bawaslu Pelalawan kepada Panwaslu Kecamatan yang terpilih dan telah dilantik untuk dapat terus melakukan peningkatan kapasitas secara cepat, segera menyesuaikan diri dan selalu berkoordinasi karena tugas-tugas sudah menanti. Salah satunya adalah wawancara untuk calon anggota Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) yang lolos hasil seleksi administrasi.

?Besar harapan kami dalam proses penyelenggaraan pemilihan nanti, dapat berjalan dengan lancar, amanah, dan harus tetap menjaga integritas sebagai pengawas. Apa yang sudah dikoordinasikan agar dapat dipedomani dan harus berpegang pada peraturan perundang-undangan yang berlaku, demi berjalannya pilkada yang berkualitas dan berintegritas? tutur Long Andre Tambusai panggilan akrab Ketua Bawaslu.

Sementara Ketua Bawaslu Riau, diwakili, Amirudin Sijaya, selaku Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat. Menyampaikan, ucapan selamat dan sukses dilantik sebagai Panwascam se- Kabupaten Pelalawan.

"Semoga Panwaslu Kecamatan yang terpilih ini dapat selalu menjaga integritas karena merupakan ujung tombak pengawas di tingkat kecamatan. Sehingga dapat mengawal jalannya penyelenggaraan pemilihan di Pelalawan,? ucapnya.

Untuk itu kata Amir, sebagai pengawas diharapkan agar kita memiliki 4 sikap yaitu bersungguh-sungguh, cermat, jujur dan adil. Empat sikap ini sangat berhubungan dengan akuntabilitas dan integritas.

Selain itu, setelah dilantik hari ini, Amir berharap agar Pengawas dapat menghilangkan keberpihakan pada salah satu peserta pemilihan dan harus bersikap netral. Sehingga menghasilkan pengawas yang kompeten dan berintegritas..

"Tetap jaga netralitas dan integritas, serta harus terus menambah pengetahuan terkait dengan peraturan Pilkada sehingga pesta demokrasi di Kabupaten Pelalawan dapat berjalan dengan lancar, tertib, dan kondusif sehingga setiap tahapan dapat berjalan dengan baik," tegasnya.

Bupati Pelalawan diwakili Asisten Pemerintahan Kabupaten Pelalawan, Zulkifli SAg MSi, dalam sambutannya berharap agar pengawas dapat menjalankan tugas semestinya sebagaimana diatur dalam undang-undang. Bersikap adil dan jujur dalam melaksanakan tugas pengawasan.

Tampak Hadir, di acara pelantikan Kapolres Pelalawan diwakili Kabag Ren Polres Pelalawan Kompol A.Z Rofiqi, SH, Kesbangpol Tengku Syakir, Infokom, Disduk Capil, Camat Pelalawan, Camat Pangkalan Kuras, Kabag Hukum dan Datin Bawaslu Provinsi Riau.

Usai pelantikan dan pengambilan sumpah dilanjutkan pembekalan kepada anggota Panwascam, dalam mempersiapkan diri melaksanakan tugas pengawasan selama tahapan Pemilihan Kepala Daerah tahun 2024. (Sa).


Berita Lainnya...

Tulis Komentar