Ketua RW 06, Serahkan SK Pengurus Baru Terpilih Ma

"Semua Pengurus yang Ditunjuk Serius dan Bertanggungjawab Mengemban Amanah yang Diberikan"

Ketua Pengurus Masjid Nurul Muhsinin terpilih Elda Rapel SH saat sampaikan sambutan, Rabu (29/5/2024)

Laporan : Hestiana Ramadhani

Pekanbaru

    PEMANDANGAN berbeda terlihat di dalam Masjid Nurul Muhsinin yang berada di Jalan Ikan Mas, Kelurahan Tangkerang Barat, Kecamatan Marpoyan Damai pada Rabu (29/5/2024) malam. Dimana  pada hari biasamya dilaksanakan wirid pengajian rutin. Namun, kali ini, usai sholat Magrib berjamah, pengurus Masjid Nurul Muhsinin melaksanakan penyerahan Surat Keputusan (SK) tentang kepengurusan baru Masjid Nurul Muhsinin yang terpilih pada beberapa waktu yang lalu. Dalam  hasil musyawarah itu, maka   terpilih ustadz Elda Rapel SH sebagai ketua Masjid Nurul Muhsinin masa jabatan 2024-2029.

 


Penyerahan SK kepengurusan yang baru itu dipimpin langsung Ketua RW 06 Ir Yuliyos Kahar yang juga sebelumnya merangkap sebagai Plt Ketua Masjid Nurul Muhsinin mengantikan Martony yang mengundurkan diri.

Dalam sambutannya, Ketua RW O6  Ir Yuliyos Kahar mengucapkan selamat atas telah terpilihnya secara musyawarah yang dilakukan dengan damai dan suasana uang penuh keakaraban. "Ya kemarin ada tiga calon yang menjadi kandidat sebagai ketua. Namun, setelah dilakukan rapat dengan musyawarah, maka disepakati terplih ustadz Elda Rapel menjadi ketua.

Mudah-mudahan setelah diserahkan SK ini, maka ketua yang baru bersama jajarannya sudah bisa menjalankan amanah yang telah diberikan dengan sebaik-baiknya. Buatlah inovasi-inovasi serta program serta terobosan yang bisa membuat jamaah merasa nyaman, tenang dan adem saat berada di dalam masjid ini. Kita yakin dan percaya ketua dan jajaran dapat mengemban amanah yang diberikan ini.

Dimana kita lihat juga di dalam kepengurusan yang baru ini ada kolaborasi antara yang muda dan senior. Dengan begitu, dapat memberikan ide dan gagasan  terutama dalam memakmurkan masjid serta cara jitu agar jamaah ramai datang ke masjid untuk sholat berjamaah. Semoga ketua terpilih dapat lebih baik dalam  memberikan motivasi dan semangat kepada pengurus dalam menjalankan tugas di bidang masing-masing," ujar Yuliyos Kahar.

Dikatakan Yuliyos Kahar, bahwa saat ini masjid bukan hanya dijadikan tempat untuk beribadah, tetapi saat ini orang berlomba-lomba masjid sebagai tempat untuk membantu masyarakat , terutama dalam menyediakan sarana seperti tempat istirahat dan kemudahan lainnya, sehingga masyarakat merasa nyaman dan tenang saat berada di masjid.

"Pesan saya untuk motivasi kepada kepengurusan masjid yang baru ini supaya lebih kompak dalam menjalankan amanah yang telah diberikan ini. Seperti yanh pernah kita dengar dan kita lihat, banyak inovasi yang dibuat oleh pengurus masjid agar jamaah datang ke masjid. Salah satumya masjid Al Husna yang di Pekanbaru. Jamaah yang datang sholat shubuh diberikan satu ikat sayur.

Memang nampaknya sepele , namun hal ini tentu menjadi daya tarik sendiri bagi jamaah yang lain untuk datang ke masjid untuk sholat berjamaah. Itulah beberapa motivasi yang saya sampaikan untuk sebagai acuan kepada pengurus yang baru, sehingga kedepan bisa diimplentasikan apa saja yang mesti dilakukan di masjid kita, sehingga nantinya membuat jamaah ramai datang ke masjid.

Meski begitu, kita juga minta kepada jamaah jangan lepas tangan kepada pengurus yang baru untuk melakanakan beban ini. Tetapi, marilah kita bersama-sama dan bersinergi untuk saling kompak dan bersinergi demi kemajuan di masjid kita ini," harap Yuliyos.

Ssmentara itu, Ketua Pengurus Masjid Nurul Muhsinim terpilih Elda Rapel SH menyampaikan bahwa mengucapkan terima kasih kepada bapak dan jamaah yang telah memberikan kepercayaan untuk menjadi ketua dalam musyawarah yang dilaksanakan pada tanggal 4 Mei 2024 yang lalu."Insyaallah, saya dan semua pengurus yang telah ditunjuk akan serius dan bertanggung jawab dalam mengemban amanah yang diberikan ini dengan sebaik-baiknya. Dimana, semua pengurus yang ditunjuk ini, insyalllah akan   bekerja dengan iklas dan semangat, terutama dalam memikirkan bagaimana untuk kemakmuran masjid.

Oleh sebab itu, kami akan berkordinasi dengan semua jajaran pengurus di masing-masing bidamg, sehingga selalu berkomunikasi dalam menjalankan tugas. Selain itu, tentu kami minta dukungan dan saran serta kritikan yang membangun. Karena, kadang kadang kalau sudah menjadi bagian dari pengurus merasa segan untuk mengkritik Maka dari itu kami juga menerima saran dan kritikan dari para jamaah seluas-luasnya, baik secara langsung maupun tidak langsung.  Dengan begitu, tentu kami bisa melakukan evaluasi apa saja yang perlu dibenahi, sehingga apa kekurangan bisa diperbaiki di masa yang akan datang," ujar Elda Rapel.

Sambung Elda Rapel, dalam kepengurusan yang telah terbentuk ini dilibatkan remaja, sehingga ada paduan kinerja yang dilaksanakan dalam mengemban amanah yang diberikan ini. "Beberapa waktu lalu, saya mengunjungi beberapa masjid seperti di Masjid Nurul Haq, Masjid Nurul Yakin dan Masjid Al-Khairat Munawarah. Pada prinsipnya pelaksanaan pengurus masjid itu sama dengan apa yang kita lakukan. 

Namun, ada satu hal yang membedakan kita dengan mereka adalah anak-anak yang belajar di PTQ  lebih banyak kita. Bahkan, yang menjadi unggulan kita dengan masjid lainnya kita melaksanakan program magrib mengaji. Ini tentu menjadi pemicu dan pelecut bagi kawan kawan yang ada di PTQ, sehingga bisa terus bertahan secara kontinyu di masa akan datang," ujar Elda Rapel.

Turut hadir dalam acara penyerahan SK tersebut antara lain Ketua BSKM, Ketua Yayasan Muhsinin, para ketua RT di lingkungan RW 06 serta puluhan jamaah Masjid Nurul Muhsinin.. ***


Berita Lainnya...

Tulis Komentar