Pemenang LKJ Ali Kelana Dijanjikan Umroh

Bupati Kuansing Berharap hadirnya Tim Ekspedisi Jurnalistik PWI Riau Gaungkan Tradisi Pacu Jalur ke Mancanegara

Asisten III Drs Rustam Mahmud, didampingi Kadis Kominfoss, Hendra Roza SSi, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Drs Azhar MM, Staff Khusus Bupati, Tokoh Masyarakat Darwis, Kepala Bidang Komunikasi Nasrul, S Sos MSi, Ketua PWI Kuansing Desriandi Candra, dan r

TELUK KUANTAN--(KIBLATRIAU.COM)-- Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) Dr H Suhardiman Amby MM menggelar Temu Ramah dengan Tim Ekspedisi Jurnalistik PWI Riau, di Rumah Makan Sederhana Teluk Kuantan, Jumat (7/6/2024). Kegiatan  tersebut bersempena dengan rencana kegiatan Hari Pers Nasional Tingkat Provinsi Riau Tahun 2024. Kuansing akan menjadi Tuan Rumah perhelatan tersebut pada 20 Juli 2024 mendatang.Sebelumnya, tim ekspedisi telah meninjau proses pembuatan jalur  di Kampung Baru Kecamatan Sentajo Raya, sebagai salah satu referensi untuk Lomba Karya Jurnalistik (LKT) PWI Riau Tahun 2024. Tradisi Pacu Jalur menjadi topik utama lomba dengan mengangkat tema Budaya Lestari, Pariwisata Maju, Ekonomi  Bangkit dan Masyarakat Sejahtera.

Bupati Dr H Suhardiman Amby MM diwakili oleh Asisten III Drs Rustam Mahmud, didampingi Kadis Kominfoss, Hendra Roza SSi, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Drs Azhar MM, Staff Khusus Bupati, Tokoh Masyarakat Darwis, Kepala Bidang  Komunikasi Nasrul, S Sos MSi, Ketua PWI Kuansing Desriandi Candra, dan ratusan tim ekspedisi jurnalistik PWI Riau serta seluruh anggota PWI Kuansing.Bupati Kuansing Suhardiman Amby diwakili oleh Asisten III Rustam Mahmud menyampaikan  apresiasi kepada tim ekspedisi jurnalistik PWI Riau atas antusiasnya untuk hadir ke Kuansing.

''Semoga dengan hadirnya tim ekspedisi jurnalistik, Pacu Jalur semakin besar gaungnya di Indonesia bahkan Mancanegara,'' ungkapnya.Harapannya, dengan semakin dikenal masyarakat luas dengan tradisi pacu jalur baik nasional dan internasional  diharapkan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kuansing. Sehingga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat berada di daerah ini. Pada akhirnya kesejahteraan masyarakat bisa tercapai di luar dari sektor pertanian dan perkebunan.

Sementara itu,  Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten. Kuansing, Drs Azhar MM menjelaskan tradisi pacu jalur merupakan tradisi dari dahulu dan tidak bisa lekang dari masyarakat Kuansing. Sehingga tradisi pacau jalur menjadi kebanggaan masyarakat Kuansing  baik yang berada di sini dan para perantau yang ada di luar Kuansing.

''Tahun lalu minat mereka yang menonton pacu jalur sangat besar dan di medsos sampai tayang 24 juta kali, ini menunjukkan bagimana pacu jalur menjadi daya tarik sendiri bagi mereka yang tidak bisa hadir langsung di gelanggang pacu untuk menonton,?  sebutnya.Sebelumnya, Bupati Kabupupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Dr. Suhardiman Amby, MM menyediakan bonus tambahan berupa paket umroh untuk pemenang pada Lomba Karya Jurnalistik (LKJ) Raja Ali Kelana  PWI Riau tahun 2024. Hal  tersebut uangkapkan Bupati Kuansing ketika menjalin ramah tamah usai makan siang bersama di rumah Kabid Komunikasi Kominfo Kuansing, Nasrul SSos  di Jalan STM, Teluk Kuantan, Jum?at (7/6/2024).

Sempena Hari Pers Nasional (HPN) 2024 Tingkat Provinsi Riau, Lomba Karya Jurnalistik (LKJ) Raja Ali Kelana berhadiah total Rp35 juta kembali digelar. Anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau diajak turut serta mengikuti lomba-lomba  jurnalistik tahunan berupa karya tulis dan foto ini.

. Sementara itu,Ketua PWI Riau diwakili oleh Doni Putra mengucapkan terimakasih kepada Bupati Kuansing, H. Suhardiman Amby dan Kepala Dinas Kominfoss, Hendra Roza atas sambutannya. ''Kuansing  ini berbeda pak, kami merasakan daerah ini begitu tinggi nilai budayanya. Pacu Jalur di Kuansing iini bukan hanya sebuah olahraga saja, tapi banyak nilai budaya yang bisa kita angkat," pungkasnya.Acara tersebut juga diisi dengan Ekspos Pacu Jalur  dengan Narasumber yakni Kadisbudpar Kuansing Drs. Azhar, MM dan Tokoh Masyarakat yang juga komentator Pacu Jalur, Darwis. ***
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar