Pelajari Segala Jenis Kegiatan Kantor

Dosen Fasilkom Unilak Lakukan Optimasi Kompetensi siswa Jurusan OTKP di SMK Migas Riau

Ketua Tim Dafwen Toresa, M. Kom, Fanawiza, M. Kom, dan Dr. Indah Muzdalifah, M. Pd foto bersama dengan peserta pelatihan kemarin

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)-- Jurusan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran atau di singkat dengan OTKP adalah salah satu jurusan yang ada di SMK Migas Inovasi Riau. Secara teknis SMK Jurusan OTKP akan mempelajari segala jenis kegiatan kantor. Mulai dari pembukuan, pengarsipan, hingga public relations dengan memanfaatkan pengetahuan keterampilan teknologi informasi. Kompetensi keahlian dalam mata pelajaran produktif di antaranya Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian, Otomatisasi Tata Kelola Keuangan, Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana, Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan, Produk Kreatif dan Kewirausahaan. Sedangkan ruang lingkup pekerjaan yang bisa tempati oleh jurusan ini di antaranya:  Operator Peralatan Kantor, Operator Komputer, Operator Telepon, Juru Surat Menyurat, Pengadministrasian Kearsipan Kantor, Juru Tata Usaha dan Sekretaris Yunior. Semua ruang lingkup pekerjaan tersebut diatas berhubungan dengan pengetikan komputer.


Melihat begitu pentingnya kemampuan mengetik dengan cepat dan akurat bagi siswa jurusan ini, maka Dosen Fasilkom Unilak yang terdiri dari Ketua Tim Dafwen Toresa, M. Kom, Fanawiza, M. Kom, dan Dr. Indah Muzdalifah, M. Pd melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM)  yang merupakan salah satu di antara 1 dari 3 tugas wajib dosen yaitu pengabdian kepada masyarakat selain pengajaran dan penelitian di SMK Migas Inovasi Riau  yang beralamat di Jalan Garuda Sakti KM 02 pada Rabu, (19/6/2024), Kelurahan Binawidya Pekanbaru.  Kegiatan PKM yang ditaja dengan Tema Optimasi kompetensi siswa Jurusan OTKP SMK Migas Inovasi Riau Melalui Pelatihan Mengetik Cepat dan Akurat. Tim PKM Dosen Fasilkom Unilak juga melibatkan  5 orang mahasiswa program studi Teknik Informatika Fasilkom Unilak.


Kepada media ini Ketua Tim PKM Dafwen Toresa, M. Kom menyampaikan bahwa kemampuan mengetik dengan cepat dan akurat bagi siswa jurusan OTKP adalah kompetensi kunci, karena semua ruang lingkup pekerjaan mereka tidak akan lepas dari administrasi kantor dan pengetikan menggunakan komputer, peserta sangat bersemangat mengikuti pelatihan dan terdapat peningkatan skor akurasi ketepatan pengetikan dan peningkatan kecepatan waktu pengetikan perkata dari setiap peserta setelah diberikan pelatihan mulai dari introduction, beginner, intermediate dan expert, menggunakan aplikasi Rapid Typing.''Peserta pelatihan tidak hanya mendapatkan pengetahuan dan peningkatan kompetensi mereka dalam mengetik, tetapi mereka mendapatkan sertifikat pelatihan yang telah kita siapkan,'' ujar Dafwen Toresa.

Kepala SMK Migas Inovasi Riau, ibu Ferda Fandesa, S. T menyampaikan ucapan terima kasih kepada Tim PKM beserta mahasiswa Fasilkom Unilak telah memberikan pelatihan dan membantu meningkatkan kompetensi siswa jurusan OTKP SMK Migas Inovasi Riau, dan berharap di waktu yang akan datang diberikan juga pelatihan untuk siswa jurusan lain. '''Kita sangat apresiasi  pelatihan yang dilakukan Fasilkom Unilak ini. Semoga saja dengan kemampuan mengetik cepat dan akurat siswa jurusan OTKP akan membuka peluang kerja di perusahaan dan perkantoran,'' tutur Ferda. ***


 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar