Bekerja Secara Profesional

18.048 Pantarlih Pilkada Serentak Tahun 2024 di Riau Resmi Dilantik

Acara pelantikan ini dilaksanakan secara serentak di masing-masing kabupaten/kota, dihadiri oleh jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau serta perwakilan pemerintah daerah setempat.

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)-- Dalam rangka menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024, hari ini telah dilaksanakan pelantikan Petugas Pemuktakhiran Data Pemilih (Pantarlih) di 12 (dua belas) kabupaten/kota di Provinsi Riau. Acara pelantikan ini dilaksanakan secara serentak di masing-masing kabupaten/kota, dihadiri oleh jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau serta perwakilan pemerintah daerah setempat.

Ketua KPU Riau Rusidi Rusdan menyampaikan bahwa pentingnya peran Pantarlih dalam memastikan validitas dan akurasi data pemilih. "Pelantikan Pantarlih secara serentak hari ini se- Provinsi Riau menjadi momentum untuk memulai penyusunan daftar pemilih untuk pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota sesuai dengan slogan/tagline  kita yang Bersih, Adil dan Bertanggung Jawab (BERADAB). Artinya kita memulai dari pendaftaran pemilih yang betul-betul Bersih dari residu, tidak ada yg tertinggal dan tercecer, Adil artinya pemilih yang berhak harus didaftarkan dan pemilih yang tidak berhak harus dikeluarkan dari DPT. Bertanggung jawab artinya DPT yang kita hasilkan nantinya dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya," ujar Rusidi.

Sebanyak 18.048 Pantarlih yang dilantik hari ini, terdiri dari perwakilan dari setiap kelurahan dan desa di seluruh Provinsi Riau. Para Pantarlih ini akan melaksanakan tugas mereka untuk mendata pemilih melalui Coklit. Masa kerja Pantarlih selama 1 (satu) bulan, mulai tanggal 24 Juni hingga 25 Juli 2024.

Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi dan SDM KPU Riau Nugroho Noto Susanto melalui sambungan telepon selulernya menyampaikan bahwa setelah dilantik Pantarlih langsung diberikan pembekalan/bimbingan teknis (Bimtek) agar mereka memahami tugas dan tanggung jawab serta teknis pelaksanaan coklit. "Kami berharap dengan pelatihan ini, Pantarlih dapat bekerja secara profesional dan hasilnya nanti dapat dipertanggungjawabkan," ujarnya.

“Dengan pelantikan ini, diharapkan seluruh elemen masyarakat dapat mendukung dan berpartisipasi aktif dalam proses Pilkada, sehingga pemilihan dapat berjalan demokratis dan menghasilkan pemimpin yang berkualitas untuk kemajuan Provinsi Riau”, sambung Nugroho.

Sementara Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Riau Abdul Rahman menyampaikan tentang persiapan pelaksanaan Coklit. “Hari ini secara serentak dilakukan Pelantikan Pantarlih, Bimtek Tata cara Coklit dan Penggunaan aplikasi e-Coklit, serta apel Kesiapan  Coklit di masing-masing PPK atau PPS.

Setelah dilantik dan diberikan pembekalan, Pantarlih akan langsung melaksanakan Coklit kepada masyarakat dari rumah ke rumah mulai tanggal 24 Juni hingga 24 Juli 2024. Diharapkan kepada seluruh masyarakat untuk menyiapkan  e-KTP,l/Identitas Kependudukan Digital (IKD)/Biodata Kependudukan dan Kartu Keluarga (KK).

“Kita berharap Coklit bisa berjalan sesuai peraturan dan tercapai target semua Pemilih tercoklit dalam 1 bulan ke depan. Agar daftar pemilih kita nanti benar-benar Akurat, Mutakhir dan Valid ," pungkas Rahman”. ***


Berita Lainnya...

Tulis Komentar