Inilah Ciri-ciri Imam Mahdi yang Muncul Jelang Kiamat

Ilustrasi kiamat

 

Mimpin Umat Islam

Ilustrasi Imam Mahdi yang muncul menjelang kiamat.

 


JAKARTA--(KIBLATRIAU.COM)-- Kemunculan Imam Mahdi akan menjadi tanda kiamat sebagaimana disebutkan dalam hadits. Ia adalah pemimpin umat Islam. Seperti apa ciri-ciri Imam Mahdi?,Imam Mahdi atau Al-Mahdi kelak akan memimpin umat Islam dan seluruh dunia di akhir zaman dalam menghadapi Dajjal. Ia mengemban tugas untuk mengembalikan tatanan dunia menjadi adil dan beradab.

Hadits yang menegaskan kehadiran Imam Mahdi dalam akhir zaman sesuai sabda Rasulullah SAW.???? ???? ?????? ???? ?????????? ?????? ?????? ????????? ??????? ?????? ????????? ?????? ???????? ?????? ??????? ?????? ???? ???? ?????? ??????? ????????? ??????? ??????? ??????? ???????? ????? ?????.

Artinya: "Seandainya dunia hanya tinggal sehari, Allah pasti akan memanjangkan hari itu sampai Allah mengutus seorang laki-laki dariku, atau dari keluargaku, yang namanya sama dengan namaku, dan nama ayahnya sama dengan nama ayahku." (HR Ahmad).Terdapat banyak dalil yang membicarakan fisik, bentuk tubuh, rupa, dan garis keturunan dari Al-Mahdi. Ciri-ciri Imam Mahdi ini disebutkan dalam sejumlah hadits nabi.

Berasal dari Keturunan Nabi Muhammad
Dalam buku Kemunculan Dajjal & Imam Mahdi Semakin Dekat karya Khalilurrahman El-Mahfani terdapat hadits yang menyebut garis keturunan Imam Mahdi. Dikatakan, Imam Mahdi merupakan keturunan keluarga Nabi Muhammad SAW. Berikut bunyi haditsnya,

???????????? ?????? ?????????? ??????? ??? ????????

Artinya: "Imam Mahdi berasal dari keturunan kami, Ahlul Bait. Allah akan membenahi hal ihwalnya dalam satu malam." (HR Imam Ahmad dari Ali RA)

Dalam buku tersebut dijelaskan, ucapan Rasulullah SAW di atas mengandung dua penafsiran.

1. Sebelum menjadi Imam Mahdi, ia memiliki beberapa kekurangan kecil. Kemudian, Allah SWT mengampuni dosa-dosanya, menuntunnya ke jalan yang lurus, dan menurunkan ilham-Nya kepadanya.

2. Allah SWT memberinya kesiapan untuk menjadi khalifah-Nya dan memimpin umat Islam dalam menghadapi huru-hara dan peperangan terakhir.

Dalam riwayat lain dikatakan, Imam Mahdi berasal dari keturunan Fathimah, putri Rasulullah SAW. Nabi SAW bersabda,

???????????? ???? ????????? ???? ?????? ?????????

Artinya: "Imam Mahdi berasal dari keluargaku dari anak Fathimah." (HR Abu Dawud)

Rasulullah SAW juga bersabda,

??? ???????? ?????????? ?????? ?????? ?????? ???? ?????? ??????? ????????? ??????? ??????

Artinya: "Hari Kiamat tidak terjadi sebelum seorang lelaki dari ahlul baitku memimpin. Namanya sama dengan namaku." (HR Ahmad)


Imam Mahdi memiliki sejumlah ciri fisik. Rasulullah SAW pernah bersabda,

???????????? ?????? ??????? ??????????? ??????? ?????????

Artinya: "Imam Mahdi berasal dari keturunanku, berkening lebar, berhidung panjang, dan mancung...." (HR Abu Dawud dan Al-Hakim dari Abu Sa'id Al-Khudri)

Dalam riwayat lain Rasulullah SAW bersabda,

???????????? ?????? ?????? ???????? ????????? ???? ???????????

Artinya: "Imam Mahdi adalah seorang lelaki dari keturunanku, wajahnya seperti bintang yang bercahaya terang." (HR Abu Nu'aim dari Hudzaifah RA)

Rasulullah SAW juga bersabda,

???????????? ?????? ???? ??????? ???????? ?????? ?????? ?????????? ?????? ??????????????

Artinya: "Imam Mahdi adalah seorang lelaki dari keturunanku. Warna kulitnya seperti warna kulit orang Arab dan fisiknya seperti fisik orang bani Israil." (HR Abu Nu'aim dari Hudzaifah RA)

Imam Mahdi Bukan Nabi Isa AS
Sejumlah ulama berpendapat bahwa Al-Mahdi adalah Nabi Isa AS--yang juga akan muncul menjelang datangnya kiamat. Keyakinan ini bersandar pada sebuah riwayat yang mengatakan Al-Mahdi adalah Isa AS.

Dalam buku Isa dan al-Mahdi di Akhir Zaman karya Muslih Abdul Karim terdapat penjelasan yang menampik hal ini.

Al-Qurthubi dalam haditsnya mengatakan, "Ada sebuah riwayat yang mengatakan Al-Mahdi adalah Isa AS. Riwayat ini tidak shahih, karena riwayat-riwayat shahih mutawatir menunjukkan bahwa al-Mahdi berasal dari keluarga Rasullah SAW. Dan hadits yang menerangkan bahwa al-Mahdi tidak lain adalah Isa AS itu tidak shahih. Baihaqi di dalam kitab al-Ba'ts wan Nusyur mengatakan, 'Hadits ini tidak shahih karena perawinya, Muhammad bin Khalid al-Jundi adalah majhul. Ia meriwayatkan dari Aban bin Abu 'Iyasy yang matruk, dari Hasan, dari Nabi Muhammad SAW. Jadi, riwayat ini munqathi'. Sedangkan hadits yang menetapkan keberadaan Al-Mahdi dari keluarga anak-cucu Rasulullah saw. riwayat yang paling shahih isnadnya.Demikianlah pembahasan perihal ciri-ciri Imam Mahdi yang akan muncul pada akhir zaman sebagai pemimpin umat Islam dalam melawan malapetaka dari Al-Masih Dajjal.(Net/Hen)

 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar