Perkuat Pemahaman Pemilih Pemuda

Panwascam Pangkalan Kerinci Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif bagi Pemilih Pemula

Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Pangkalan Kerinci mengadakan kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilih Pemula pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2024, di aula kantor Kecamatan Pangkalan Kerin

PELALAWAN --(KIBLATRIAU.COM)--  Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Pangkalan Kerinci mengadakan kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilih Pemula pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2024, di aula kantor Kecamatan Pangkalan Kerinci, Rabu (24/7/2024).Kegiatan tersebut menghadirkan narasumber dari KPU Pelalawan yang diikuti pemilih pemula dari para perwakilan pelajar tingkatkan SMA sederajat se-kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan.

Ketua Panwascam Pangkalan Kerinci, Fadly SSos mengatakan, ''ujuan dari kegiatan ini untuk mensosialisasikan dan meningkatkan pengawasan partisipatif kepada siswa yang sebagai pemilih pemula pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024."Pemilu menjadi hak konstitusi bagi warganegara Indonesia. Semua warga yang berusia 17 tahun atau sebelum 17 tahun atau yang sudah pernah menikah, ia memiliki hak pilih tanpa terkecuali. Jadi bagi kawan-kawan siswa-siswi SMA/SMK sebagai pemilih pemula  yang sudah memiliki umur 17 tahun pada 27 November 2024. Sudan punya  hak suara untuk memilih  di dalam menentukan calon pemimpin 5 tahun kedepan,'' ujar Ketua Panwascam, Fadly kepada media ini di sela-sela acara.

Lanjut Fadly, salah tugas sebagai Panwascam bagaimana meningkatkan peran serta partisipatif pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati pada tanggal 27 November 2024 mendatang.''Kami berharap lewat kegiatan ini sahabat-sahabat  lebih khususnya pemilih pemula dapat bekerjasama dalam melakukan dan meningkatkan pengawasan partisipatif sehingga yang namanya money politik, ujuran kebencian, dan berita hoak dapat dilaporkan ke Panwascam Pangkalan Kerinci,'' tegas Ketua Panwascam Pangkalan Kerinci.

Sementara Ketua KPU Pelalawan diwakili Divisi Hukum dan Pengawasan, Bustami, SPdI, menuturkan bahwa saat ini, Pemilu 2024 sudah memasuki tahapan pemutakhiran data pemilih (tahapan coklit) yang dilakukan oleh Petugas Pantarlih, yang akan melakukan pendataan dari pintu ke pintu. Maka dari itu, pastikan nama adek-adek terdaftar agar tidak kehilangan hak pilihnya.

''Pantarlih sudah melakukan coklit dari pintu ke pintu, pastikan namanya terdaftar dan ditempel stiker. Jika tidak ditemukan namun adek-adek sudah masuk kategori pemilih pemula silahkan melapor ke PPS,'' terangnya.Berpartisipasi aktif dalam mensukseskan Pemilu 2024. Hal tersebut dapat dilakukan melalui pengawasan dan melaporkan jika ditemukan pelanggaran pada tahapan Pemilu 2024.Hadir dalam sosialisasi tersebut, anggota KPU Pelalawan, Masri Mirja SIP, Kapolsek Pangkalan Kerinci diwakili Kanit Intel AKP Faisal, Danramil Pangkalan Kerinci, anggota Panwascam Pangkalan Kerinci, Ibnu Solihin, SE, Marzuki dan Sekretariat Panwascam Pangkalan Kerinci.(Sa)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar