PT Musim Mas Dukung Pencegahan Karhutla

Polres Pelalawan Gelar Apel Kesiapsiagaan Penanganan Karhutla

Polres Pelalawan menggelar apel kesiapsiagaan penanganan Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla),di halaman Polres Pelalawan, Sabtu (27/7/2024).

PELALAWAN --(KIBLATRIAU.COM)-- Polres Pelalawan menggelar apel kesiapsiagaan penanganan Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla),di halaman Polres Pelalawan, Sabtu (27/7/2024).

Dalam gelar pasukan yang dipimpin Kapolres Pelalawan, AKBP Afrizal Asri SIK, dihadiri Bupati Pelalawan H Zukri, SE, Ketua DPRD Pelalawan Baharudin SH, MH,  Perwira Penghubung (Pabung) Pelalawan Kapten Arh. Sugiyono dan seluruh stakeholder terkait.

Sebagai bentuk kesiapan personil gabungan dalam pencegahan dan penanggulangan Karhutla di Kabupaten Pelalawan, dikerahkan lengkap dengan peralatan dalam apel tersebut.

Tampak dikerahkan ratusan personil gabungan dari Personil Polri dari Polres Pelalawan, TNI AD, Mangala Apni , Damkar dan Satpol PP,  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) serta masyarakat peduli api (MPA) dan termasuk perusahaan.

Salah satunya perusahaan perkebunan sawit yang ikut dalam apel kesiapsiagaan pencegahan dan penanganan Karhutla di Kabupaten Pelalawan adalah PT Musim Mas (MM).

"Kita memberikan apresiasi kepada Perusahaan yang telah ikut andil dan cepat tanggap dalam penanggulangan Karhutla di Pelalawan. Namun hari ini hanya beberapa perwakilan perusahaan yang diundang hadir dalam apel kesiapsiagaan pencegahan dan penanggulangan Karhutla di Polres sebagian lagi di lapangan," ungkap Kapolres Pelalawan, AKBP Afrizal Asri SIK, kepada media ini usai gelar apel , Sabtu (27/7/2024).

Namun sebaliknya, kata AKBP Afrizal, apabila ada perusahaan yang tidak perduli. Apabila terjadi kebakaran lahan akan ditegur dan ditindak sesuai aturan yang berlaku.

"Saling membantu dan bersama-sama dalam penangganan Karhutla, baik TNI,-Polri, masyarakat dan perusahaan. Jadi kita gelar apel kesiapan untuk melihat kesiapan dalam penanganan Karhutla ini," tutur Kapolres Pelalawan.

Sementara Bupati Pelalawan, H Zukri, menyampaikan bahwa dengan digelar nya apel ini, sebagai bentuk kesiap siagaan tim Satgas Karhutla dalam mengantisipasi terjadinya kebakaran lahan di Kabupaten Pelalawan.

"Apel gelar pasukan ini, sebagai bentuk kesiap siagaan dalam upaya, menghadapi kondisi yang tidak diharapkan yakni Karhutla. Jadi kalau penanggulangan telah siap bersama-sama menangani dan selalu bersinergi dari unsur Pemerintah daerah, TNI-Polri dan perusahaan serta masyarakat, maka kebakaran akan cepat teratasi," ungkap Bupati Zukri.

Untuk itu, Bupati Zukri, kembali menegaskan bawah seluruh perusahaan khususnya yang ada beroperasi di Kabupaten Pelalawan, harus ikut membantu menangani Karhutla. Baik yang terjadi di dalam areal perusahaan maupun milik masyarakat sekitar nya.

"Wajib perusahaan membantu, kalau tidak akan diprit (diberi peringatan). Jadi, yang terpenting mari bersama-sama kita berkolaborasi. Kita lakukan penanggulangan dan pencegahan, agar kebakaran yang telah terjadi tidak meluas," tegas Bupati Pelalawan.

Setelah gelar pasukan, Bupati Pelalawan Zukri, Ketua DPRD Pelalawan Baharudin SH, MH, Perwira Penghubung (Pabung) Pelalawan Kapten Arh. Sugiyono, didampingi Kapolres Pelalawan, AKBP Afrizal Asri SIK melakukan pengecekan peralatan milik tim Satgas Karhutla dan pihak perusahaan. Kemudian dilanjutkan rapat koordinasi (Rakor) bersama.

Manager Humas PT Musim Mas (MM) Malinton Purba SH, yang ditemui usai gelar pasukan, menuturkan bahwa pihaknya selalu siap mendukung pencegahan dan penanggulangan Karhutla. Salah satunya  keterlibatan Apel Siaga yang diadakan oleh Polres Pelalawan tersebut.

"Kami siap dan mendukung penuh dalam menanggulangi dan mencegah bencana kebakaran lahan dan hutan. Program ini secara konsisten telah kami lakukan dari tahun ke tahun untuk mencegah bencana  kebakaran lahan dan hutan di dalam dan luar lahan kami," tutur Malinton. ***


Berita Lainnya...

Tulis Komentar