Cegah Aksi Terorisme Jelang Natal dan Tahun Baru

Polda Riau Siagakan 940 Personel untuk Pengamanan

Ilustrasi personil

RIAU--(KIBLATRIAU.COM)-- Menjelang perayaan Natal dan tahun baru, Polda Riau menyiagakan 940 personel untuk pengamanan. Langkah ini dilakukan melalui Operasi Lilin Muara Takus 2018 yang berlangsung selama 10 hari, sejak 23 Desember hingga 1 Januari mendatang. "Dalam operasi Lilin Muara Takus 2018 ini, kami juga turut mendirikan 40 pos pengamanan dan 16 pos pelayanan," Kapolda Riau Irjen Widodo Eko Prihastopo, Sabtu (22/12). Widodo menjelaskan, pengamanan perayaan Natal dan tahun baru akan dimulai pada 24 Desember mendatang, saat umat Nasrani menggelar Misa Natal. Pihaknya fokus dalam Operasi Lilin Muara Takus tahun ini adalah antisipasi aksi terorisme. Meski begitu saat ini Riau belum terindikasi adanya aksi terorisme. "Kita waspadai aksi-aksi terorisme. Kita ingat tahun 2000 pengalaman pengeboman. Riau sangat kondusif dalam beberapa tahun terakhir, sehingga tidak perlu khawatir," jelasnya.

Widodo menegaskan pihaknya akan terus meningkatkan pengawasan dan pengamanan, baik itu operasi terbuka maupun senyap sebagai upaya menjaga keamanan masyarakat. "Tim Satgas Anti Teror Polda Riau bersama dengan Densus 88 Anti Teror juga terus siap siaga menjamin keamanan, terutama menjelang Natal dan tahun baru," katanya. Beberapa hari lalu, Tim Densus 88 Anti Teror mengamankan tiga terduga teroris berhasil ditangkap di Riau menjelang perayaan Natal dan tahun baru.

"Ada tiga yang berhasil ditangkap kemarin di sini. Dan masih ada yang terus kita amati. Siapa dan dimana penangkapannya, tidak bisa sampaikan disini. Cukup ini saja informasinya. Intinya kita dalam rangka melindungi masyarakat luas," terangnya. Ketiga terduga teroris yang ditangkap pada November 2018 tersebut terkait dengan sejumlah aksi teror yang beberapa kali terjadi di wilayah Indonesia. "Ada kaitanya semua. Dengan Surabaya juga. Tapi JAD (Jamaah Ansarud Daulah), JAT (Jamaah Ansharut Tauhid) tidak akan saya sebutkan disini," ucap Widodo. (Net/Hen)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar