Sampai Akhir Tahun Diskes Buka Pelayanan Vaksin di

Dimbau Orang Tua Bawa Anak untuk Diberikan Vaksin kepada Anak

Indra Pomi Nasution ST MT

PEKANBARU ---- (KIBLATRIAU. COM) -- Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru  membuka posko pelayanan pemberian vaksin MR di mal-mal yang ada di Pekanbaru pada Sabtu dan Ahad. Di mana pada Sabtu (29/12) dan Ahad (30/12) akan dibuka pokso di Transmart, Giant Nangka, Mal Ciputra, Mal Pekanbaru, Mal SKA dan juga area Car Free Day.

Demikian diungkapkan  PLT Kepala Diskes Pekanbaru Indra Pomi Nasution, Jumat (28/12). Indra menyebutkan pelayanan di mal tersebut seiring dengan capaian  pemberian  Vaksin Measles Rubella (MR), di Pekanbaru yang saat ini hanya 30 persen.

"Hal ini karena minimnya antusias para orang tua untuk memberikan vaksin tersebut kepada anaknya menjadi penyebab hal itu terjadi.  Meski pemerintah pusat sudah memberikan masa untuk perpanjangan, " ujar Indra.

Berbagai upaya sudah dilakukan saat diberikan perpanjangan waktu selama satu bulan sejak bulan November lalu. 

"Kita audah bekerjasama dengan Babinsa, Bhabinkamtibmas, tokoh agama dan pihak terkait lain untuk sama-sama menyampaikan kepada masyarakat tentang pentingnya vaksin ini. Tapi itulah, kita memprediksi sampai akhir tahun capaian hanya 30 persen.Namun,  kita terus berupaya terus melakukan vaksin MR  ini, " ungkap Indra. 

Selain dari upaya yang disampaikan diatas, Indra Pomi, juga menjelaskan untuk mencapai target yang ditetapkan pihaknya juga telah membuka posko di setiap Puskesmas, di arena Car Free Day bahkan di mal-mal saat hari libur. Tapi kenaikkannya tidak signifikan.

Jika masa perpanjangan hingga 31 Desember berakhir, Diskes belum mendapat petunjuk, apakah kegiatan akan diperpanjang atau tidak. Tapi kalau tidak diperpanjang, lantas masih ada orangtua yang berniat akan memberikan vaksin MR kepada anaknya bisa mendatangi Puskesmas terdekat.

"Tapi otomatis pemberian vaksin MR itu tidak gratis lagi, seperti dalam masa kampanye vaksin MR saat ini. Untuk itu, dengan waktu yang masih tersedia saat ini, kami harapkan dapat dimanfaatkan masyarakat untuk mengajak anaknya ke sarana kesehatan yang ada untuk diberikan vaksin MR," ujar Indra. 

Pada kesempatan Indra,  pihaknya jugq menghimbau kepada orang tua yang tidak sempat mengantarkan anaknya untuk diberi vaksin pada hari kerja, silahkan datang ke mal atau ke arena CFD agar anaknya bisa diberikan vaksin. "Vaksin ini penting diberikan untuk menambah kekebalan daya tahan tubuh anak. Makanya kita imbau orang tua untuk membawa anak agar diberikan vaksin MR, " harap Indra. (Ty/Hen)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar