Kampung KB Bangun Keluarga yang Sejahtera

Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Tentang Pembangunan berwawasan Kependudukan.

M Amin

PEKANBARU --(KIBLATRIAU. COM)  -- Saat ini,  Pemerintah Kota Pekanbaru terus memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat  dalam hal ini Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Disdalduk KB). 

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Disdalduk KB) Kota Pekanbaru Muhammad Amin Msi mengatakan mengawali tahun 2019 ini pihaknya terus melakukan inovasi. 

Ada berbagai ptogram kerja yang akan dilaksanakan. Salah satunya kampung KB. Karena kamoung KB  merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mewujudkan atau membangun keluarga sejahtera.

"Sebab keluarga yang sejahtera ini berkaitan dengan pengendalian kelahiran anak. Selain itu,  berkaitan juga dengan pendidikan, kesehatan, dan ekonomi keluarga," ungjkap Amin  Kamis (10/1/2019).

Dijelaskan Amin, pembentukan Kampung KB bertujuan meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) serta pembangunan sektor terkait lainnya dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas. 

Sedangkan secara khusus, terang Amin Kampung KB dibentuk selain untuk meningkatkan peran serta pemerintah, lembaga non pemerintah dan swasta dalam memfasilitasi, mendampingi dan membina masyarakat untuk menyelenggarakan program KKBPK dan pembangunan sektor terkait, juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pembangunan berwawasan kependudukan.

"Jadi, Kampung KB ini dirancang sebagai upaya membumikan, mengangkat kembali, merevitalisasi program KKBPK guna mendekatkan akses pelayanan kepada keluarga dan masyarakat. Dalam upaya mengaktualisasikan dan mengaflikasikan fungsi keluarga secara utuh dalam masyarakat," papar Amin. 

"Dengan demikian, kegiatan yang dilakukan pada Kampung KB tidak hanya identik dengan penggunaan dan pemasangan kontrasepsi saja, akan tetapi merupakan sebuah program pembangunan terpadu dan terintegrasi dengan berbagai program pembangunan lainnya," sambung Amin.

Pembentukan Kampung KB, sebut Amin, juga sejalan dengan Pekanbaru Madani yang diprogramkan oleh Walikota Pekanbaru DR H Firdaus MT. "Karena masyarakat madani tersebut merupakan masyarakat yang sejahtera," ucap Amin. 

Lebih jauh disampaikan Amin, di Kota Pekanbaru sendiri saat ini sudah terdapat sebanyak 12 Kampung KB yang tersebar di tiap-tiap kecamatan. Seperti di Tenayan Raya, Kampung KB dibangun di Kelurahan Melebung.

Kemudian di Kecamatan Bukit Raya di Kelurahan Air Dingin, Pekanbaru Kota di Sukaramai, Sukajadi di Kampung Tengah, Sail di Sukamulya, dan Kecamatan Tampan di Kelurahan Air Putih.

Selanjutnya di Kecamatan Marpoyan Damai terdapat di Kelurahan Tangkerang Barat, Rumbai di Sri Meranti, Payung Sekaki di Kelurahan Tampan, Rumbai Pesisir di Meranti Pandak, Senapelan di Kampung Bandar dan di Kecamatan Lima Puluh di Kelurahan Pesisir. 

"Di 12 Kampung KB tersebut dibentuk kelompok Kerja (pokja) Kampung KB, yang akan dikembangkan sesuai dengan kondisi, kebutuhan, kemampuan dan muatan lain yang diinginkan di wilayah masing-masing," tutur Amin.  (Dl/Hen)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar