Inginkan Seluruh Kepala OPD Memahami Tupoksi Masin

Firdaus MT Intruksikan Sekdako Segera Gelar TOT

Seluruh Pejabat di lingkungan Kota Pekanbaru mengikuti rapat SAKIP yang dipimpin Walikota Pekanbaru DR H Firdaus ST M di aula kantor Bappeda, Senin (4/2/2019).

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)--  Walikota Pekanbaru DR H Firdaus ST MT mengintruksikan kepada Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) M Noer untuk menggelar Training of Trainer (TOT) atau pelatihan untuk pelatih bagi pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). ''Ini instruksi untuk Pak Sekda, jadwalkan  TOT untuk jabatan tinggi pratama,'' ungkap  walikota saat memimpin rapat evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di aula kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda), Senin (4/2/2019). Instruksi itu disampaikan walikota usai mendengar pemaparan program kerja dari Kepala Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian Pekanbaru Firmansyah Eka Putra. 

Dengan adanya TOT, maka walikota menginginkan seluruh pimpinan OPD memahami tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing serta mampu menjelaskan program dan sasaran kerja secara detail. "Sehingga mereka (pimpinan OPD) bisa menjadi instruktur bawahan, instruktur masyarakat. Jadi, semuanya juga harus mampu memaparkan program kerja seperti yang disampaikan pak Eka tadi. Jadi Pak Sekda, ini instruksi, segera jadwalkan TOT,'' harap walikota kembali mengulang perintahnya. ''Selesai pimpinan OPD, lanjutkan untuk jabatan eselon IIIa dan IIIb. Sehingga ketika berbicara menyampaikan program pemerintah kepada masyarakat, mereka tahu apa yang akan
disampaikan," sambung walikota.


Dijelaskan walikota, bahwa TOT sejalan dengan visi-misi Pemerintah Kota yakni menciptakan pemerintahan yang cerdas atau Smart Government. ''Pemerintahan yang cerdas ini bukan Firdaus-Ayat saja, tapi kita semua. Kita harus satu irama dan satu langka. Ke depan, jangan adalagi pandangan masyarakat yang menyebut kita tidak mengatahui tujuan dan sasaran program,'' ujar walikota.(Dl/Hen)


 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar