Ayat Cahyadi Berikan Apresiasi 

Pemko Terima Penghargaan Kearsipan Tingkat Nasional

Wakil Walikota Ayat Cahyadi SSI foto bersama Rabu (27/2)

PADANG -(KIBLATRIAU. COM)-- Prestasi membanggakan diraih. Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menerima penghargaan Kearsipan kategori Baik tingkat nasional tahun 2018 dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

Piagam penghargaan diterima Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi SSi yang diserahkan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, disaksikan Kepala ANRI Mustari Irawan dan Deputi Bidang Kelembaan Kemenpan RB Rini Widyantini. Penghargaan itu diberikan bersamaan  Rapat Koordinasi Nasional Pengawasan Kearsipan tahun 2019 di Hotel Pangeran Beach, Rabu (27/2/2019). 

Kepala ANRI Mustari Irawan menyampaikan, dari 34 provinsi di Indonesia hanya satu provinsi yang meraih nilai pengelolaan kearsipan kategori sangat baik yakni Provinsi Jawa Tengah dan 11 provinsi lainnya dengan kategori baik.

"Kemudian 6 provinsi kategori cukup. Dan 6 kategori kurang dan 10 provinsi lagi dengan kategori buruk," ungkap Mustari. 

Sementara itu,  dari 514 kabupaten/kota se Indonesia, kata Mustari, hanya 33 atau 6 persen di antaranya yang meraih predikat kategori baik, 15 persen kategori cukup, 12 persen kategi Kurang dan 331 kabupaten/kota atau 55 persen kategori buruk.

"Untuk kategori sangat baik belum ada satupun kabupaten/kota yang meraih," sebutnya. 

Usai menerima penghargaan, Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi didampingi Asisten II Bidang Perekonomian El Syabrina dan Kepala Dispusip Nelfiyonna, sangat mengapresiasi kinerja seluruh OPD khususnya Dispusip dengan raihan penghargaan tersebut.

"Dengan penghargaan ini kita berharap khususnya kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan agar erus meningkatkan pengelolaan kerasipan. Tingkatkan terus, semoga tahun depan menjadi sangat baik," harap Ayat. 

Ayat menambahkan, arsip merupakan saksi secara atau rekam jejak pemerintah dalam pelaksanaan berbagai program kegiatan dan pembangunan yang sudah dilaksanakan.

"Untuk itu, kepada seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Kota agar arsip ini diperhatikan dengan sebaik-baiknya. Karena begitu ada persoalan dengan hukum, arsip ini sangat penting," tutur Ayat.  (Dl/Hen)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar