Mendorong Terwujudnya Keamanan, Ketentraman dan Ke

Kesbangpol Pekanbaru Gencar Lakukan Penyuluhan Pemilu kepada Masyarakat

Kaban Kesbangpol Kota Pekanbaru, M Yusuf Mpd dalam acara penyuluhan Selasa (19/3)

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)--Dalam rangka memberikan pemahaman dan ilmu pengetahuan terkait pilkada serentak 2019,   Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Pekanbaru terus gencar melakukan penyuluhan pemilu damai kepada masyarakat melalui tokoh masyarakat yang ada di Kota Pekanbaru,  Selasa (19/3). 

Kegiatan itu dilaksanakan di salah satu lobi hotel di Kecamatan Bukitraya. Hadir pada acara penyuluhan itu tokoh masyarakat di 3 kecamatan yakni Kecamatan Bukitraya,  Tenayan Raya dan Marpoyan Damai. Ratusan  masyarakat yang hadir dalam acara ini sangat antusias.

Acara ini dibuka langsung oleh Kepala Badan (Kaban)  Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pekanbaru, M Yusuf, Mpd

Peserta yang hadir adalah unsur masyarakat di wilayah Kecamatan Bukit Raya, Tenayan Raya dan Marpoyan Damai. " Kegiatan ini sangat membantu pengetahuan kami dalam menghadapi pemilu 2019 ini. 

Terlebih lagi,   saat ini pemilu yang berbeda dari dulunya dimana ada 5 kotak dalam satu TPS dan berbagai macam surat edaran dari KPU dan aduan masyarakat," ujar salah seorang peserta dari warga Bukit Raya, Supriyadi.

Dalam sesi tanya jawab, sejumlah hal dipertanyakan peserta, mulai soal pemasangan alat peraga kampanye, dan peserta juga mempertanyakan soal ketegasan bawaslu dan pihak kepolisian.

Salah seorang nara sumber dari pihak Polresta Pekanbaru Kompol Sumarno, menyampaikan pentingnya ketertiban dan keamanan di tengah masyarakat. Selain itu,  ia juga menyampaikan pentingnya masyarakat bersosialisasi dengan baik, mulai dari ke RT-an, RW hingga ke lingkungan lebih luas. 

"Termasuk penting RT/RW bisa jeli melihat persoalan di lingkungan masing-masing, jika ada yang mencurigakan silahkan laporkan ke Babinkamtibmas atau Babinsa setempat, maka akan cepat direspon," ujar Sumarno.

Kaban Kesbangpol Kota Pekanbaru, M Yusuf Mpd menjelaskan , bahwa melalui sosialisasi ini maka diharapkan dapat terwujudnya keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat Kota Pekanbaru. Dan ia juga  berharap,  pelaksanaan hari H pemilu 17 April 2019 dan pasca pemilu, Pekanbaru bisa berjalan aman dan kondusif. Selain itu,  penyuluhan ini mampu meningkatkan  minat  masyarakat  untuk melakukan pencoblosan pada pemilu serentak nantinya.

"Makanya kita harapkan, mereka yang hadir dapat menyampaikan poin penting kepada masyarakat lain yang ada di wilayah masing-masing. Dengan begitu,  masyarakat akan mengerti dan paham terkait pelaksanaan pemilu serentak  tahun 2019 mendatang, sehingga mendorong terlaksananya pemilu dengan baik," harap Yusuf.

Acara ini menghadirkan nara sumber dari Polresta Pekanbaru, Bawaslu Pekanbaru dan Kesbangpol Provinsi Riau. 

Sementara itu, PPTK Pelaksana kegiatan ini Zulkifli Rikuby, S.sos, Msi, mengatakan sosialisasi ini dilaksanakan di beberapa tempat yang lokasinya mudah  dijangkau oleh para peserta di 12 kecamatan yang ada di Pekanbaru.

Maka, tempat untuk sosialisasi ini disesuaikan dimana wilayah kecamatan berdekatan. Misalnya, dilaksanakan di  Hotel Prame Park hari ini bisa dijangkau oleh warga di tiga kecamatan tersebut. (Hen)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar