Segera Panggil Pihak Pengembang

Camat dan Lurah Tinjau Banjir di Sungai Sibam

Camat dan Lurah lakukan kunjungan


PEKANBARU- Camat Payung Sekaki Zarman Candra dan Lurah Sungai Sibam Lukman Hakim melakukan kunjungan lapangan di wilayah RW 04 Kelurahan Sungai Sibam , Kecamatan Payung Sekaki , Rabu (7/3).

Peninjauan yang dilakukan itu  berkenaan dengan adanya informasi dari masyarakat tentang titik penyebab utama terjadinya banjir. Salah satu nya  pembangunan jembatan di hilir sungai Sibam yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Tapung yang kini kondisinya sudah sangat memprihatinkan, sehingga dinilai tidak layak dijadikan akses jalur lintas pengendara motor maupun pejalan kaki.

"Ini tadi kita melihat jembatan di Hilir Sungai Sibam yang kondisi sangat parah dan perlu dibangun ulang. Katanya kalau hujan turun juga sering banjir. Nah sesuai tahapan, ini harus segera dibongkar agar lebih layak dilalui " ujar mantan Camat Senapelan ini.

Zarman juga mengintruksikan kepada pihak kelurahan untuk mengundang pihak pengembang dan developer yang melakukan pembangunan perumahan di lokasi tersebut.

"Kita meminta kepada Lurah kalau bisa besok langsung undang lakukan rapat mencari solusi kongkrit agar tidak terjadi lagi banjir," ujar Zarman.

Dikatakan Zarman, pihaknya juga akan  mengundang  Dinas Pekerjaan Umum, agar dilakukan normalisasi Sungai Sibam sehingga tidak ada lagi banjir di sekitar perumahan warga Kelurahan Sungai Sibam.

Sementara itu, Lurah Sungai Sibam Lukman Hakim usai meninjau lokasi titik penyebab banjir mengatakan, ia  minta kepada pengembang agar jembatan ini dibongkar dan di bangun tanggul darurat untuk aliran sungai dari hilir ke hulu.

"Jadi kita minta ke pihak pengembang bahwa jembatan RW 04 Sibam ini harus sesuai spek pembangunan nya. Sebab sesuai RT/RW Daerah Aliran Sungai (DAS) 30 meter tidak boleh ada bangunan karena akan dilakukan pelebaran jalan, tapi ini masyarakatmalah membangun. Oleh sebab itu,  kita akan jelaskan sesuai aturan yang berlaku tidak boleh membangun di DAS sepanjang Sungai Sibam ini,  "  harap Lukman.(HN)

 

 

 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar