Bahas Berbagai Permasalahan Penting

Kementrian Perhubungan Direktorat Jenderal Darat Gelar Rapat Bersama

RAPAT BERSAMA

PEKANBARU---  Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat melalui perwakilan Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah IV-Provinsi Riau dan Provinsi Kepulauan Riau melaksanakan rapat  Kamis (8/3). Rapat itu dipimpin langsung Kasi LLAJ Balai Pengelola Transportasi Darat Yugo.

Turut hadir dalam rapat bersama itu Plt Kadishub  Kota Pekanbaru Drs Kendi Harahap MT, Kabid Angkutan Darat  Dishub Riau

Azrial AMD, Kabid Angkutan Dishub Kota Pekanbaru  Sunarko , Plt Kepala UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Zulfahmi

ST, Kasi Angkutan Darat Dishub Riau Onki Hertawan serta tamu undangan lainnya.

Dalam rapat itu banyak permasalahan yang dibahas berbagai agenda penting. Terutama tentang kewenangan dan tugas dari

masing-masing.
 Seperti masalah parkir, kewenangan pusat, provinsi dan kota. Bahkan, dalam rapat itu juga berjalan alot dan saling memberikan

masukan dan saran.

''Semua aspirasi dan masukan kita tampung dulu dalam rapat ini. Karena di dalam rapat ini kita akan membahas tentang

kewenangan baik pusat, provinsidan kota. Jadi dari hasil pertemuan ini, akan dijadikan bahan dan bagaimana mencari solusi yang

baik, sehingga tidak melangar aturan yang sudah ditetapkan,'' ungkap Yugo selaku Kasi LLAJ .

Dijelaskan Yugo, setelah pertemuan ini maka pihaknya akan berkordinasi dengan Kementrian Direktorat Jenderal Perhubungantentang tugas masing-masing dalam menjaga dan menertibkan terkait jalan.  ''Oleh sebab itu, nantinya akan kita kaji tugas pokokmasing-masing. Apakah kewenangan Pusat, Provinsi dan Kota. Sebab saat ini masih kurang dalam melakukan pengawasaan  terkait kerusakan jalan, rambu-rambu jalan dan yang lainnya '' ujar Yugo.

Sementara itu, Plt Kadishub Kota Pekanbaru Drs Kendi Harahap MT juga menyampaikan  bahwa ia sangat menyambut baik telah dilakukan rapat bersama ini.  Selain itu, dari hasil rapat ini tentunya akan lebih terang dan jelas di mana saja tugas yang menjadi kewenangan.''Kita intinya siap menjalan perintah dan aturan yang ada. Namun, yang paling penting saling mendukung dan bersinergtas dalam menjalankan tugas. Kita di Kota tentu selalu siap membantu pihak Dishub Provinsi,'' ujar Kendi.

Kendi menjelaskan, saat ini Kota Pekanbaru semakin berkembang pesat, sehingga kendaraan semakin padat. Akibatnya jalan-jalan semakin sempit dan menimbulkan kemacetan.''Makanya dengan adanya rapat ini kita akan berkordinasi baik dengan pusat dan provinsi dalam menjaga kelancaran lalulintas. Dengan begitu, permasalahan kemacetan bisa diatasi dengan baik. Selain itu,permasalahan parkir juga bisa berjalan baik,'' harap Kendi.

Terakhir Kabid Angkutan Darat Dishub Riau Azrial juga menyampaikan saran dan pendapatnya tentang penekanan dalam mengambil keputusan, terutama dalam melakukan  tugas dana kewenangan.''Jadi dengan adanya rapat ini tentu saling memberikan masukan satu sama lain. Mana  saja yang tugas Pusat, Provinsi dan Kota. Tapi, dalam bekerja kita saling bersinergi, sehingga apa yang dikerjakan bisa berjalan aman dan lancar,'' harap Azrial.

Diterangkan Azrial, selain itu pihaknya tentu meminta masukan dari Kementrian Perhubungan terkait apa saja permasalahan yang terjadi di Provinsi Riau ini. Terutama yang bersangkutan dengan angkutan jalan, parkir dan rekayasa lalulintas.''Untuk itu, kita harapkan kepada pihak PUPR agar menyerahkan kewenangan ke Provinsi Riau.

Memang kita akui, untuk melalkukan pekerjaan minim anggaran. Begitu juga Kota hampir sama kekurangan anggaran. Makanya kita harapkan kerjasama yang baik, sehingga apapun permasalahan bisa berjalan dengan baik,'' ungkap Azrial. (HN)

 

 

 

 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar