Disdik Jadwalkan PPDB Mulai 1 Juli 2019

Pendaftaran Masih Terapkan Sistem Zonasi

Muzailis

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)--Jika tak ada halangan,   Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru menjadwalkan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tahun ajaran 2019/2020 pada tanggal 1 hingga 4 Juli 2019 mendatang. 

Untuk penerimaan siswa baru  menggunakan sistem online. Setiap pendaftar dapat memilih sampai tiga SMP negeri, yang jadi pilihan pendaftar. Sementara itu, yang mendaftar  bisa di SMP negeri terdekat dengan domisili tempat tinggal.

"PPDB SMP Negeri Pekanbaru dimulai pada 1-4 Juli 2019 mendatang. Pendaftar sudah bisa mempersiapkan dirinya masing masing. Memilih sekolah yang jadi favoritnya tersebut," terang Sekretaris Disdik Kota Pekanbaru Muzailis, kepada wartawan,  Senin (29/4).

Muzailis  menambahkan,  pendaftaran dengan sistem online tersebut, menjadikan persaingan lebih menarik. Hasil seleksi dilakukan dengan ranking. Nantinya masyarakat juga dapat memantau pelaksanaan PPDB tersebut melalui situs resmi milik Disdik Pekanbaru. SMPN di Kota Pekanbaru sudah sebanyak 44 sekolah.

"Kita tetap menerapkan sistem zonasi. Jadi orang tua siswa harus betul-betul memahami sistem ini yang telah kita terapkan sejak tahun ajaran lalu ," kata Muzailis.

Lebih lanjut Muzailis menyebutkan dulu orang tua bisa memilih sekolah favorit yang jauh dari tempat tinggalnya. Namun mulai tahun ini, siswa yang akan masuk ke sekolah negeri ditentukan berdasarkan sistem zonasi. Artinya, siswa yang masuk dalam zonasi sekolah tersebut lah yang akan diprioritaskan diterima.

"Sistem zonasi ini cukup bagus untuk pemerataan mutu pendidikan. Jadi siswa yang pintar dan orang tua yang memiliki ekonomi mapan tidak bertumpuk di sekolah tertentu saja. Dengan sistem ini siswa yang pintar akan menyebarkan di semua sekolah tergantung zonasi tempat tinggalnya dengan sekolah terdekat," tutur Muzailis. (Ty/Hen)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar