Terjun di Dunia Pelatih

Legenda Barca Gantung Sepatu

Xavi Hernandez

Bola.net--(KIBLATRIAU.COM)-- Legenda Barcelona dan tim nasional Spanyol, Xavi Hernandez mengumumkan rencananya untuk gantung sepatu alias pensiun dari lapangan hijau pada akhir musim nanti. Gelandang flamboyan yang kini memperkuat klub Qatar, Al Sadd itu juga mengungkapkan ambisinya untuk menjadi pelatih usai pensiun nanti. Xavi menyebut bahwa ia masih memiliki misi yang ingin ia tuntaskan sebelum pensiun, yakni membawa Al Sadd meraih gelar juara Emir of Qatar Cup dan Liga Champions Asia.

"Ini adalah musim terakhir saya sebagai pemain, tapi saya tak sabar melihat apa yang akan terjadi di masa depan bagi saya sebagai manajer," ujar Xavi dalam pernyataannya seperti dikutip AS. "Filosofi saya sebagai pelatih mencerminkan gaya yang kami kembangkan selama bertahun-tahun di bawah pengaruh Johan Cruyff dan dari La Masia dan contoh utamanya adalah dalam cara main Barcelona," tambahnya.

"Saya suka melihat tim yang mengambil inisiatif di lapangan, sepakbola menyerang, dan kembali ke tempat yang kita semua cintai sejak masih muda: sepakbola penguasaan bola," tukasnya. Xavi menjadi salah satu dari sekian pemain dengan prestasi sangat lengkap. Sosok yang kini berusia 39 tahun itu sudah meraih segalanya di dunia sepak bola. Bersama Barcelona yang ia perkuat sejak 1998 hingga 2015, Xavi total meraih 25 trofi, mulai dari delapan gelar La Liga, empat Liga Champions, hingga tiga trofi Copa del Rey. Prestasi Xavi tak hanya diraih di level klub. Bersama Spanyol, Xavi menjadi aktor penting keberhasilan meraih dua trofi Piala Eropa serta Piala Dunia 2010 silam.(Net/Hen)
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar