Renungan bulan Ramadan 

3 Golongan Pertama Kali yang Masuk Surga

Renungan bulan ramadan

(KIBLATRIAU-COM)-- Setiap orang muslim berdoa dan berharap menjadi penghuni surga. Mereka berusaha bertakwa kepada Allah SWT supaya menjadi manusia pertama kali yang masuk surga. Karena itu, pada bulan suci Ramadan sebaiknya kita terus menambah amal ibadah dan meningkatkan ketaqwaan. Dalam Hadist Riwayat Tirmidzi disebutkan bahwa terdapat tiga golongan yang akan masuk surga pertama kali yakni, "Diperlihatkan kepadaku tiga (golongan)
manusia dari umatku yang mula-mula masuk surga (mereka adalah) orang yang mati sahid, orang fakir yang tidak meminta-meminta dan seorang budak yang tidak disibukkan oleh pekerjaannya dari taat beribadah kepada Allah".

Orang yang Mati Syahid

Kata syahid secara bahasa berarti orang yang menyaksikan. Syahid yaitu orang yang gugur di medan perjuangan demi membela dan menegakkan agama Allah SWT. Sabda Rasulullah, "Orang yang mati syahid (dianugerahi) enam keistimewaan, diampuni dosanya sejak mulai pertama darahnya mengalir, ia dapat melihat tempatnya di surga, dilindungi dari azab kubur, dan terjamin keamanannya dari malapetaka besar (pada Hari Kiamat), merasakan kemanisan iman, dikawinkan dengan bidadari dan diperkenankan memberikan syafaat bagi tujuh puluh orang kerabatnya". (HR Tirmidzi, Ibnu Majah dan Ahmad). Contoh pada masa Rasulullah, ketika Jabir bin Abdullah murung karena ayahnya gugur dalam pertempuran di medan Uhud. Sedangkan ayahnya itu meninggalkan utang dan anak-anak yang masih kecil. Rasullullah bertanya kepada Jabir, "Apakah engkau ingin aku beritahukan tentang apa yang ditemui ayahmu di sisi Allah?". Jabir menjawab, "Tentu, wahai
Rasullullah".

Sabda Rasullullah, "Tidak pernah sekalipun Allah SWT berbicara dengan seorang manusia kecuali dari balik tabir atau hijab dan sungguh beruntung bagi ayahmu, Allah SWT bicara langsung kepadanya tanpa perantara. Dia berfirman, Wahai hamba-Ku, sebutkanlah keinginanmu maka Aku akan memberikannya padamu. Ayahmu menjawab: Ya Allah hidupkan aku kembali sehingga aku bisa terbunuh di jalan-Mu sekali lagi. Allah SWT berfirman: Sesungguhnya telah aku katakan bahwa mereka (yang telah gugur) tidak lah hidup kembali. Kemudian turunlah ayat: Dan janganlah kamu mengira bahwa orang-orang yang gugur di jalan Allah itu mati, bahkan mereka itu hidup di sisi Tuhannya dengan mendapat rezeki". (HR Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Fakir Miskin yang Tak Minta-minta

Fakir miskin yang tak pernah meminta-minta atau mengemis, salah satu orang yang pertama akan masuk surga. Hal itu karena mereka dapat menahan diri dari ketidakmampuan segi ekonomi dan kepandaian untuk memenuhi kebutuhannya. Sabda Rasullullah, " Penghuni surga itu ada tiga macam (yaitu); penguasa yang berlaku adil, jujur dan dikaruniai taufik- yakni pertolongan Allah SWT untuk melaksanakan perintah-perintah-Nya dan menjauhi larangan-larangan-Nya, seorang penyayang dan lemah lembut kepada kerabatnya dan kepada sesama muslim dan seorang fakir yang menahan diri dari meminta-minta, meskipun ia mempunyai keluarga banyak (yang harus dinafkahi)". (HR Muslim).

Budak yang Taat Beribadah Kepada Allah SWT

Golongan lainnya yang pertama akan masuk surga adalah budak yang beribadah kepada Allah SWT dengan sebaik-baiknya dipenuhi dengan ketaatan kepada-Nya. Meskipun demikian budak tersebut tidak melupakan hak dan kewajiban dirinya kepada sang tuan.(Net/Hen)
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar