Periksa Hewan Kurban

Distakan Pekanbaru Segera Bentuk Tim Pengawas

Ilustrasi hewan kurban

PEKANBARU --(KIBLATRIAU.COM)-- Dalam waktu dekat ,  Dinas Pertanian dan Peternakan (Distakan) Kota Pekanbaru segera membentuk tim pengawas untuk pemeriksaan hewan kurban di Kota Pekanbaru. 

Hanya sebulan lagi,  masyarakat akan menyambut lebaran haji. Tentunya penjual hewan kurban pinggir jalan menjajakan hewan kurbannya kepada masyarakat.

Demikian disampaikan  Sekretaris Distakan Kota Pekanbaru Drh Firdaus Jumat (12/7).  Firdaus menyebutkan akan membentuk tim untuk memeriksa dan memantau hewan kurban dua pekan jelang Hari Raya Idul Adha.

"Untuk pemeriksaan hewan ternak yang dijual di pinggir jalan, harus memiliki surat jalan dan surat kesehatan dari asalnya. Itu harus lengkap. Kami khawatirnya kalau tidak jelas asal usulnya dari mana, nanti membawa penyakit, " ujar Firdaus.

Dijelaskan Firdaus, kendati telah memiliki surat kesehatan dari asal hewan, pihaknya juga tetap akan melakukan pemeriksaan dan memberikan surat kesehatan dari Distankan. 

"Nanti diperiksa apakah layak untuk dikurban atau tidak,"tambah Firdaus.

Pemeriksaan dan pemantauan sendiri tidak hanya dilakukan sebelum Idul Adha. Akan tetapi, pada hari H, pihaknya akan membuat posko pengaduan jika ada laporan mengenai hewan kurban.  (Ty/Hen)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar