Pemko Pasang Meteran di Semua Lampu PJU

Tagihan PJU sudah Turun jadi Rp 9 Miliar

Firdaus ST MT

PEKANBARU --- (KIBLATRIAU.COM)-- Jumlah tagihan listrik penerangan jalan umum (PJU) di Kota Pekanbaru tinggi hingga Rp12 miliar per bulan, namun saat ini sudah turun menjadi Rp9 miliar per bulan. Selain berupaya melakukan pemasangan meteran di semua lampu PJU, Pemko Pekanbaru terus melakukan pembahasan bersama PLN. 

"Ya sudah banyak kemajuan dan makin hemat. Tagihan listrik kami (Pemko Pekanbaru, red) sudah mulai turun dari Rp12 miliar menjadi Rp9 miliar dalam satu bulan terakhir ini," ungkap  Walikota Pekanbaru Dr Firdaus ST MT, Senin (15/7/2017).

Dijelaskan Firdaus,  penghematan itu terjadi karena meterisasi PJU yang saat ini terus  dilakukan.  Begitu juga anggaran pengadaan meteran listrik ini akan kembali dianggarkan dalam APBD Perubahan 2019. "Sekitar 70 persen lampu penerangan jalan belum kami pasang meteran. Lampu jalan yang belum dipasang meteran inilah yang membuat pemborosan penggunaan arus listrik," ujar Firdaus.

Ditambahkan Firdaus,  persoalan PJU di Kota Pekanbaru kembali dibahas bersama antara Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru dan PLN pekan lalu. Pemko Pekanbaru saat ini sedang memasang meteran listrik di tiap PJU. 

Dengan program meterisasi ini, kerja sama antara PLN dan Pemko Pekanbaru dalam penghematan arus listrik dapat tercapai pada akhir tahun ini. Dengan meterisasi, arus listrik tidak ada yang hilang dengan percuma. 

"Efesiensi juga berdampak kepada kewajiban Pemko Pekanbaru dalam membayar tagihan listrik lampu jalan setiap bulan. Dengan meterisasi ini kami harapkan tagihan PJU kembali normal ke angka Rp6 miliar hingga Rp7 miliar," harap Firdaus. (Kominfo7/Hen)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar